Ini Tips Puasa Ramadan Buat Penderita Asam Lambung

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 29 April 2021 08:27
Ini Tips Puasa Ramadan Buat Penderita Asam Lambung
Siapa yang punya derita asam lambung?

Di bulan ramadan umat muslim diwajibkan berpuasa. Namun untuk mereka yang punya gangguan asam lambung, rasanya pasti nggak enak banget. Menjalani aktivitas sehari-hari jadi tidak nyaman, bahkan ibadah puasa bisa sampai terganggu atau batal.

Kalau asam lambung naik, bisa ngefek banget nih buat tahu. Makanya, melansir dari Hello Sehat, intip tips puasa ramadan buat kamu yang punya gangguan asam lambung.

 

1 dari 9 halaman

Always Sahur

Ilustrasi Sahur dan Berbuka © Diadona

Meskipun nggak wajib, tapi buat kamu penderita gangguan asam lambung wajib nih sahur. Sebab jika melewati sahur, di siang hari asam lambung bisa semakin parah karena perut kosong seharian. Asam lambung naik ke tenggorokan pun akan tercegah.

2 dari 9 halaman

Segera Berbuka

Buka Puasa © Diadona

Jika waktu berbuka sudah tiba, maka segerakanlah. Ini memang sunnah dalam islam, sih. Jangan ditunda-tunda, perutmu yang sudah kosong butuh segera diisi. Sebab perut butuh mencerna makanan agar asam lambung yang diproduksi bisa segera digunakan untuk memecah makanan yang masuk.

3 dari 9 halaman

Makan Pelan-Pelan

Ilustrasi Nunggu Buka Puasa © Diadona

Ketika berbuka dan langsung makan besar, jangan sampai kamu makan cepat-cepat. Sebaliknya, makanlah dengan perlahan, seakan-akan kamu benar-benar menikmati dan merasapinya. Kunyah dengan benar. Sebab jika tidak, asam lambung bisa meningkat.

4 dari 9 halaman

Porsi Kecil

Daripada makan satu kali namun dalam jumlah yang langsung banyak, untuk penderita gangguan asam lambung disarankan makan porsi kecil saja namun sering. Hal ini berlaku untuk berbuka puasa, dan sahur. Jika langsung 'balas dengam' dengan porsi banyak, asam lambung malah naik.

5 dari 9 halaman

Jangan Tidur Setelah Makan

Ilustrasi wanita tidur dan bermimpi © Diadona

Habis sahur maupun buka, biasanya rasa mengantuk langsung menyerang. Biasanya, habis sahur banyak orang yang langsung tidur nih. Nah untuk penderita asam lambung, hilangkan segera mungkin tidur langsung seselesainya makan. Paling tidak, tunggulah sekitar 3 jam setelah sahur, agar asam lambung tidak naik tiba-tiba.

 

6 dari 9 halaman

Hindari Makanan Tertentu

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Penderita asam lambung tentu harus berusaha lebih untuk tidak makan makanan tertentu agar terhindar dari naiknya asam lambung. Beberapa makanan yang bisa merangsang naiknya asam lambung adalah bawang, makanan pedas, gorengan, tomat, citrus, minuman bersoda, dan kafein.

7 dari 9 halaman

Tinggi Kepala saat Tidur

Jika tiba waktunya tidur, usahakan kepalanya di tinggikan, setidaknya 15 cm lebih tinggi dibandingkan biasanya. Tak hanya kepala, tubuh bagian atas juga harus ikut agar miringnya sempurna. Sebab, posisi ini ternyata bisa mencegah asam lambung. Kamu bisa menggunakan beberapa bantal untuk mewujudkan posisi ini.

 

8 dari 9 halaman

Pakai Pakaian Longgar

Ternyata, pakaian juga berperan untuk penderita asam lambung. Gunakana pakaian longgar karena dapat mengurangi tekanan pada bagian perut. Tak perlu lagi cemas deh dengan heartburn alias perih pada lambung. Kalau bisa, hindari ikat pinggang.

 

Beri Komentar