Inilah Jenis-Jenis Narkoba dan Bahayanya Bagi Tubuh, Wajib Waspada!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 2 Juni 2021 15:12
Inilah Jenis-Jenis Narkoba dan Bahayanya Bagi Tubuh, Wajib Waspada!
Kamu perlu ketahui jenis-jenis narkoba dan bahayanya bagi tubuh kayak di bawah ini.

Banyak jenis-jenis narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) yang perlu diketahui beserta efek bahayanya pada tubuh kita. Tiap jenisnya terbuat dari bahan dasar yang bisa memberikan dampak bervariasi pula.

Selain itu, narkoba juga bisa memengaruhi kejiawaan, perasaan sampai perilaki. Bahkan narkoba berisiko tinggi jika disalahgunakan bisa membahayakan nyawa. Apalagi kalau sudah mencoba rawan kecanduan. Itu kenapa narkoba ini ilegal dijual dan perlu diwasadai.

1 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Narkoba dan Bahayanya

Jenis-Jenis Narkoba dan Bahayanya © Diadona

Sebenarnya, jenis-jenis narkoba yang bervariasi itu digunakan dunia medis untuk membius pasien sebelum dilakukan operasi. Namun, ada yang menyalahgunakannya sehingga bisa berbahaya bagi tubuh. Berikut ini jenis-jenis narkoba dan bahayanya bagi tubuh yang perlu diwaspadai.

Kokain

Jenis-jenis narkoba berbahaya yang pertama adalah Kokain. Obat ini berasal dari tanaman Erythroxylon coca yang tumbuh di Amerika. Mulanya, daun tanaman ini digunakan dengan dikunyah untuk memperoleh efek stimulan. Sebenarnya efeknya pun bagus untuk memicu metabolisme sel jadi sangat cepat.

Namun, jika disalahgunakan efeknya berbahaya bagi tubuh kita. Mulai dari memberi rasa gembira yang berlebihan, merasa gelisah, selera makan menurun dan sering merasa bingung. Adapun efek yang ditimbulkan pada tubuh seperti masalah kulit, gangguan pernapasan, kejang-kejang, mengeluarkan dahak, paranoid, gangguan penglihatan sampai kerusakan pada paru-paru.

2 dari 6 halaman

Heroin

Ilustrasi Narkoba © Diadona

Pasti kamu sudah sering dengar heroin sebagai salah satu jenis-jenis narkoba kan? Yap, obat ini hasil dari pengolahan morfin secara kimiawi yang reaksinya bisa lebih kuat dari morfin sendiri.

Adapun efek yang diberikan, seperti denyut nadi melambat, tekanan darah menurun, lemasnya otot, sembelit, sering tidur, pupil mengecil, hidung merah dan atal, gangguan bicara atau cadel, dan berdampak kriminal (berbohong, menipu, dll).

Morfin

Obat yang satu ini berasal dari kata morpheus atau dewa mimpi. Ia berupa alkaloid analgesik yang amat kuat dan bisa ditemukan di opium. Jenis narkoba ini bisa bekerja langsung pada saraf usat sebagai penghilang rasa nyeri.

Adapun bahayanya seperti, menurunnya kesadaran, menimbulkan euforia, berkeringan, kebingungan, jantung berdebar, pingsan, gelisah, perubahan suasana hati, mulut kering, kejang lambut, warna muka berubah, air seni jadi bekurang sampai terjadinya gangguan menstruasi.

3 dari 6 halaman

Ganja

Jenis-Jenis Narkoba © Diadona

Jenis-jenis narkoba lainnya yang nggak kalah populer adalah ganja. Ia juga biasa disebut sebagai mariyuana atau kanabis yang memiliki nama latin Cannabis sativa syn. Cannabis indica. Obat ini berasal dari tumbuhan budidaya yang menghasilkan serat mengandung zat narkotika pada bijinya.

Sebenarnya, tumbuhan ini sudah dikenal sejak lama. Seratnya bisa dijadikan jantung dan bijinya sebagai bahan dasar pembuatan minyak. Namun, tanaman yang mulanya hanya ada di negara tropis ini justru disalahgunakan dan membuat pemakainya merasa senang berkepanjangan tanpa sebab.

4 dari 6 halaman

Bahayanya lagi, rasa candu yang ditibulkan ganja begitu besar. Jika pemakainya dihentika, mereka akan merasa sakit kepala, mual terus-terusan, merasa lelah dan badan jadi lesu. Adapun gejala lainnya yang ditimbulkan akibat ganja, antara lain:

- Mulut dan tenggorokan kering
- Berkeringat
- Sulit mengingat
- Merasa gelisah
- Nafsu makan bertambah
- Sulit berkomunikasi
- Denyut nadi dan jatung lebih cepat
- Kadang menjadi agresif
- Insomnia
- Sering berfantasi

5 dari 6 halaman

Narkoba Jenis Baru Berbentuk Kertas

Jenis-Jenis Narkoba © Diadona

Selain jenis-jenis narkoba dan bahayanya yang sudah dibahas di atas, ada pula varian baru yang berbentuk kertas loh! Narkoba ini disebut LSD atau Lysergic Acid/ Acid/ Trips/ Tabs. Narkoba jenis hallucinogenic ini juga disebut sebagai magic mushroom. Di Indonesia sendiri, LSD yang umum beredar mengandung zat Lisergida.

Ngerinya, efek dari LSD ini bisa sepuluh kali lebih besar daripada mushroom sendiri. Sebenarnya bentuk dari obat ini berupa cairan yang unik dengan bahan bisa membuat halusinasi tingkat tinggi. Sebenarnya, bentuknya juga bisa berupa kapsul atau pil selain kertas. Itu kenapa ia tergolong narkoba jenis baru berbentuk kertas.

6 dari 6 halaman

Adapun efek yang ditimbulkan, seperti:

-Berhalusinasi mengenai kejadian, waktu, warna sampai waktu.
-Obsesi terhadap apa yang ada di halusinasinya.
- Paranoid
- Denyut jatung meningkat.
- Tekanan darah meninggi
- Mengalami demam
- Dihantui rasa panik dan takut yang berlebihan
- Gangguan persepsi
- Diafragma mata melebar

Serem banget kan efek yang ditimbulkan dari jenis-jenis narkoba di atas? Itu sebabnya jangan pernah coba-coba mendekati mereka ya, Diazens!

Beri Komentar