Jadi Kebiasaan yang Mendarah Daging, Ternyata Minum Teh Habis Makan Itu Bisa Bahaya!

Health | Rabu, 1 Juli 2020 06:27
Jadi Kebiasaan yang Mendarah Daging, Ternyata Minum Teh Habis Makan Itu Bisa Bahaya!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kalian kita salah satunya?

Ketika makan di rumah makan, biasanya minum yang dipesan oleh kebanyakan orang adalah teh. Entah kenapa, minum teh setelah makan sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sudah mendarah daging. Kamu juga gitu kan? Hayo, ngaku!

2 dari 4 halaman

Namun ternyata, minum teh langsung setelah makan, itu bisa berbahaya guys. Melansir dari Lifealth.com, minum teh sehabis makan bisa berdampak paa tubuh.

Hal ini dikarenakan kandung senyawa fenolik pada teh, yang bisa menghalangi penyerapan zat besi dalam jumlah yang tepat. Kehadarin bersamaannya fenolik dan juga zat besi yang mengarah pada pembentukan zat besi kompleks, bisa menyebabkan berbagai masalah perut. Selain itu, katekin dalam tubuh juga bisa berkurang.

Apalagi jika punya masalah jantung sebelumnya, sebaiknya hindari aja ya. Teh juga mengandung kafein, dan kafein bisa menyebabkan naiknya tekanan darah tubuh. Kalau emang maksa minum teh, coba tambahkan kapulaga, atau jahe.

3 dari 4 halaman

Healthxchange.sg pun juga berkata demikian. Minum teh setelah makan bisa memengaruhi proses pencernaan. Hal ini dikarenakan daun teh yang sifatnya asam.

 Ilustrasi Wanita Minum TehIlustrasi Wanita Minum Teh © Shutterstock

Protein makanan hanya akan dikeraskan oleh asam teh, sehingga sulit untuk dicerna. Selain itu, seperti yang dikatakan oleh sumber sebelumnya, minum teh langsung sehabis makan bisa mengganggu penyerapan zat besi.

Join Diadona.id