Jadi Makanan Pokok, Ini 4 Efek Buruk Konsumsi Nasi Putih Secara Berlebih

Health | Rabu, 28 Juli 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Hayo siapa yang biasa makan nasi porsi kuli?

Nasi putih rasanya menjadi makanan pokok bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa orang rasanya kurang puas jika makan tanpa nasi, apa kamu salah satunya? Namun, kita juga harus mengontrol jumlah nasi putih yang kita konsumsi setiap hari nih, Kids. Terlalu banyak makan nasi putih juga enggak baik untuk kesehatan tubuh.

Nasi putih memang kaya dengan nutrisi, tapi ada 5 masalah kesehatan yang mengintai jika kamu terlalu banyak makan nasi putih. Apa saja, ya? yuk, cari tahu!

Jadi Makanan Pokok, Ini 4 Efek Buruk Konsumsi Nasi Putih Secara Berlebih
2 dari 6 halaman

Tentang Nasi Putih

Ilustrasi nasi putihIlustrasi nasi putih © themom100.com

Nasi putih mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Karbohidrat pada nasi berguna untuk memberikan energi pada tubuh.

Selain itu, Vitamin B1 (tiamin) pada nasi putih berguna untuk membantu metabolisme karbohidrat dan magnesium, sebagai komponen penting dalam membentuk struktur tulang dan mengatur kontraksi otot.

3 dari 6 halaman

Tubuh Jadi Cepat Lelah

Nasi memang mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh. Namun jika mendapatkan kandungan karbohidrat yang berlebih, hal ini dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

Akibatnya? Tubuh justru jadi mudah lelah, dan merangsang untuk makan lebih banyak, parahnya hal ini dapat mengakibatkan obesitas juga.

4 dari 6 halaman

Diabetes

Ilustrasi DiabetesIlustrasi Diabetes © diabetes.co.uk

Nasi putih sudah kehilangan banyak nutrisi karena melalui berbagai macam proses untuk menjadi berwarna putih. Sehingga yang tersisa hanyalah gula. Ternyata, 100 gram nasi putih sama dengan 86 gram gula, lho!

Kandungan gula inilah yang bisa membuat kita terkena diabetes.

5 dari 6 halaman

Memicu Masalah Pencernaan

Ilustrasi Sakit PerutIlustrasi Sakit Perut © gballgiggs/Fotolia

Banyak makan nasi putih tanpa disertai asupan serat yang cukup akan menimbulkan masalah pencernaan. Karbohidrat mengandung amilum yang susah larut dalam air. Inilah yang membuat susah buang air besar sehingga jadi sembelit.

Enggak cuma itu, nasi putih juga rendah serat, padahal serat adalah nutrisi penting untuk melancarkan buang air dan mencegah penyakit jantung.

6 dari 6 halaman

Nah itu dia dampak yang terjadi jika mengonsumsi nasi berlebihan. Meski nasi adalah makanan pokok kita, namun ingat untuk tidak mengonsumsinya berlebihan ya. Oh iya, jangan lupa juga untuk menyeimbangkannya dengan makanan bergizi lainnya. Keep Healthy!

Join Diadona.id