Jadi Pilihan para Idol Kpop, Ternyata Olahraga Pilates Memiliki Sederet Manfaat Berikut Ini

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 23 Oktober 2020 09:25
Jadi Pilihan para Idol Kpop, Ternyata Olahraga Pilates Memiliki Sederet Manfaat Berikut Ini
Tak hanya menurunkan badan, ini manfaat lain dari olahraga pilates.

Pilates kini merupakan olahraga yang kini banyak digemari para wanita, termasuk para idol kpop seperti Jennie BLACKPINK. Pilates sendiri adalah yoga versi modern yang mulai dikembangkan pada abad-20an.

Awalnya pilates sebagai bentuk fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Gerakan dari pilates terdapat berbagai gerakan yang berfokus pada perut, punggung bagian bawah, panggul dan paha. Hal ini dilakukan untuk gerakan ketahanan dan kekuatan otot, serta fleksibilitas yang tergolong low-impact.

Namun untuk mendapatkan manfaat senam pilates dibutuhkan seorang pemandu saat melakukannya. Kira-kira apa saja ya manfaat olahraga satu ini?

1 dari 4 halaman

Tubuh Lebih Fleksibel

Ilustrasi Pilates © Diadona

 

Menurut penelitian yang dirilis Journal of Sports Medicine dan Physical Fitness, menunjukkan jika latihan pilates disertai dengan pelonggaran otot. Sehingga latihan pilates jika dilakukan sebagai rutinitas dapat memberikan peningkatan fleksibilitas pada tubuh.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Postur tubuh

Idol Kpop Ini Memilih Olahraga Pilates © Diadona

Fokus utama dari pilates adalah mempertahankan perataan dan keseimbangan yang baik. Latihan dalam pilates mendukung inti tubuh untuk menstabilkan koordinasi tubuh, sehingga dapat menjaga postur tubuh dengan baik.

3 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

Menurut studi kecil dari Pamukkale University di Turki menunjukkan bahwa wanita yang melakukan pilates tiga kali dalam seminggu dalam hitungan delapan minggu dapat menurunkan berat badan dan beberapa inci lemak di pinggang.

Meski begitu, jika ingin menurunkan berat badan menggunakan latihan pilates, perlu bersabar karena hasilnya yang tak dapat berdampak langsung.

4 dari 4 halaman

Menguatkan Otot Inti

Jennie BLACKPINK hingga Taeyon, 10 Idol Kpop Ini Memilih Olahraga Pilates Untuk Jaga Tubuh © Diadona

Latihan pilates menggunakan beban tubuh, terutama pada bagian otot inti. Pilates merupakan serangkaian otot kkompleks yang membentang mulai dari otot dabawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul.

Otot inti yang lemak atau tidak fleksibel dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki, serta bisa menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang kamu lakukan. Untuk itu, melatih otot inti dengan benar dapat meningkatkan kekuatannya.

Wah banyak banget ya ternyata manfaat dari olahraga gini. Tertarik untuk mencoba nggak nih?

 

Beri Komentar