Jaga Konsentrasi Meski Kurang Tidur Selama Bulan Ramadan, Simak Tips Berikut yuk!

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 28 April 2021 14:40
Jaga Konsentrasi Meski Kurang Tidur Selama Bulan Ramadan, Simak Tips Berikut yuk!
Lapar, haus, ngantuk, konsentrasi menurun. Gimana cara agar tetap prima saat menjalankan puasa?

Ujian saat menjalankan puasa tak hanya datang dari rasa lapar dan haus sepanjang hari. Namun juga bisa berupa menurunnya konsentrasi dan kurangnya waktu tidur, padahal tetap harus beraktivitas normal dari pagi hingga sore.

Selama ini, minum air putih jadi kunci untuk menjaga konsentrasi. Namun rupanya minum air putih bukan satu-satunya cara, terlebih saat kita menjalankan puasa di Bulan Ramadan.

1 dari 3 halaman

Beri Jeda Saat Bekerja

Menurut Psikolog di Jogja International Hospital, Analisa Widyaningrum, ada dua hal lain yang harus diperhatikan guna memudahkan kita berkonsentrasi, yaitu tidur dan gerak.

Analisa menyadari bahwa kurang tidur memang tak bisa dihindari selama bulan Ramadan. Oleh sebab itu, dia memberikan tips yang bisa kita ikuti.

" Ada satu teknik yang bisa diikuti karena kurang tidur, yaitu ketika teman-teman kerja 25 menit, diminta untuk berhenti lima menit, nanti lanjut lagi," kata Analisa dalam webinar Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadan bersama AQUA belum lama ini.

" Itu disinyalir dapat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kita saat bekerja seharian," dia menambahkan.

Analisa, menekankan, kurang tidur tidak selalu kuantitas, tapi juga kualitas.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Fisik

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga ringan yang dilakukan selama 15 sampai 20 menit.

" Itu harus tetap dilakukan meskipun kita ber-puasa. Ringan saja, enggak usah yang maraton," ujarnya.

Ada pun alasannya, jelas Analisa, saat bergerak maupun berolahraga, kita tengah memacu jantung untuk berdetak lebih kencang.

Ketika selesai berolahraga melakukan pendinginan dan mengatur napas, kita sedang memroduksi hormon positif yang disebut Analisa bisa membuat kita lebih produktif dan positif selama seharian.

" Olahraga bisa membantu kita untuk memiliki kualitas tidur lebih baik juga," kata Analisa.

3 dari 3 halaman

Jaga Koneksi Sosial

Hal lain yang juga tak boleh luput untuk dilakukan adalah tetap terkoneksi secara sosial. Baik dengan keluarga, teman, maupun orang lain.

" Kita harus terkoneksi sama orang banyak supaya kita lebih positif dan produktif," ujarnya.

" Jangan goler-goleran melulu. Kita pikir ini adalah self-love, padahal itu namanya selfish kali ya. Me time yang kebanyakan," Analisa menekankan.

 

Reporter: Aditya Eka Prawira

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar