Jangan Salah, Tidur Malam dengan Perut Kosong Bisa Ganggu Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 6 November 2020 18:27
Jangan Salah, Tidur Malam dengan Perut Kosong Bisa Ganggu Kesehatan lho!
Hayoo, siapa yang suka skip makan?

Ketika sudah lelah menjalani segala aktivitas sehari-hari, tidur di malam hari adalah hal yang paling nikmat untuk menutup hari. Namun untuk beberapa alasan, seseorang bisa saja sampai melewatkan makan malam. Bisa jadi karena memang tak sempat, capek banget, atau bahkan sengaja karena sedang diet.

Karena hal tersebut, mereka pun menjadi tidur malam dengan perut kosong. Padahal, melansir Times of India via Merdeka.com, hal ini bisa mengganggu kesehatan lho!

 

1 dari 6 halaman

Insomnia

Ilustrasi Wanita Insomnia © Diadona

Mungkin karena saking lelahnya, seseorang ketika sampai di rumah langsung tidur begitu saja. Tapi, untuk sebagian besar orang, tidur itu tidak berlangsung lama. Karena sejatinya, perut kosong itu bikin susah tidur lho! Pada akhirnya malah terjaga begitu lama, deh.

 

2 dari 6 halaman

Berat Badan Bertambah

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

Melewatkan makan malam untuk menguruskan badan? Jangan harap. Justru melewatkan makan malam bisa membuat badan naik lho. Hal ini dikarenakan ketika melewatkan makan malam, hal itu hanya akan menumpuk lemak.

 

3 dari 6 halaman

Memengaruhi Metabolisme

Ternyata, melewatkan makan malam dan langsung tidur begitu saja, bisa berpengaruh buruk pada metabilisme tubuh lho. Bisa berpengaruh pada tingkat insulin, kolesterol, bahkan tiroid. Bisa-bisa menjadi rentan dengan banyak penyakit.

4 dari 6 halaman

Kekurangan Nutrisi

Tentu saja, langsung tidur tanpa makan malam setelah seharian beraktivitas bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi. Padahal, tubuh butuh mikronutrisi, sebut saja vitamin B12, magnesium, dan vitamin D3. Bisa-bisa kalau jadi kebiasaan tidur dengan perut kosong, bisa mengalami malnutrisi. Sedangkan malnutrisi adalah ketidakseimbangan nutrisi pada tubuh.

5 dari 6 halaman

Gampang Emosi

Ilustrasi Wanita Marah © Diadona

Orang lapar jadi mudah gampang marah? Ya benar aja, begitu juga dengan tidur dengan perut kosong. Kalau pagi tidak sarapan dengan benar, udah deh, mood bisa-bisa bawaannya kesel kemudian. Hal ini dikarenakan tingkat serotin mengalami fluktuasi.

 

6 dari 6 halaman

Jadi usahakan makan malam ya guys, jangan biarkan perut kosong sebelum tidur. Tapi, beri jarak beberapa jam antara makan dan tidur. Sebab kalau makan langsung tidur malam, itu nggak baik guys.

Beri Komentar