Jangan Anggap Sepele, Sering Menguap Bisa Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 13 Oktober 2020 08:27
Jangan Anggap Sepele, Sering Menguap Bisa Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya lho!
Wah, kenapa yaa?

Banyak orang yang mengira bahwa ketika menguap, ya itu hanya pertanda butuh tidur. Alhasil, ya pergi tidur. Tapi gimana kalo menguapnya terus-terusan? Tidur terus-terusan juga? Tidak, melansir dari Boldsky.com, ternyata sering menguap itu tanda punya penyakit bahaya!

 

1 dari 7 halaman

Liver

Ilustrasi Penyakit Liver © Diadona

Menguap terus ternyata kemungkinan merupakan pertanya liver atau hati sedang tidak baik-baik saja. Sebaiknya sih segera periksa ke dokter. Bisa jadi nanti malah terkena gagal ginjal lho!

 

2 dari 7 halaman

Multiple Sclerosis (MS)

Selain itu, menguap juga bisa merupakan tanda seseorang menderita multiple sclerosis. Sementara Multiple sclerosis adalah disfungsi termoregualtori atau ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh. Sehingga, seseorang menjadi sering menguap.

 

3 dari 7 halaman

Masalah Kesehatan Otak

Ilustrasi Wanita Pusing Tidur © Diadona

Nggak tanggung-tanggung, sering menguap juga bisa pertanya ada masalah kesehatan otak. Bisa jadi karena radang otak, yang berhubungan dengan stroke. Sementara itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sering menguap adalah gejala pada pasien yang mengalami lesi di batang otaknya.

 

4 dari 7 halaman

Epilepsi

Kemungkinan lain kenapa orang menguap terlalu banyak adalah bisa jadi karena epilepsi, atau ayan. Artinya bisa jadi ada gangguan sistem saraf pusat karena pola aktivitas listrik otak yang tidak normal. Nah, sinyal abnormal itu yang bisa membuat menguap berlebihan.

 

5 dari 7 halaman

Akibat Obat

Ilustrasi Obat © Diadona

Mungkin karena suatu hal, seseorang menjadi mengonsumsi obat. Beberapa obat ini bisa membuat ngantuk memang, dan disarankan untuk berkonsultasi ke dokter ya kalau sampai berlebihan.

 

6 dari 7 halaman

Gangguan Tidur

Ilustrasi Wanita Pusing Tidur © Diadona

Yang satu ini sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum bagi masyarakat luas. Sering menguap kemungkinan besar seseorang mengalami gangguan tidur, susah banget buat tidur di pagi hari, alias insomnia.

 

Beri Komentar