Jangan Disepelekan, Nyeri Punggung Bawah Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius!

Health | Rabu, 18 Agustus 2021 07:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Siapa nih yang sering nyeri punggung minta ampun~

Berbagai penyakit bisa menyerang tubuh kita. Untuk itu perlu sekali untuk menjaga kesehatan dan memeriksa secara berkala agar memastikan keadaan tubuh baik-baik saja. Suatu penyakit pun tentu terdapat tanda-tanda tertentu pada tubuh.

Banyak di antara kita yang ternyata memiliki nyeri punggung, terutama di bagian bawah. Kamu juga demikian, nggak? Kalau iya, jangan dianggap sepele, bisa jadi tanda masalah kesehatan serius lho!

Jangan Disepelekan, Nyeri Punggung Bawah Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius!
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Sakit PunggungIlustrasi Sakit Punggung © 2020 https://rawpixel.com/

Nyeri punggung bawah, melansir dari Hellosehat, biasanya merupakan kondisi yang terjadi karena cedera atau ausnya cakram tulang belakang. Makanya, kondisi ini biasanya terjadi pada 40 tahun.

Ternyata tak hanya itu. Nyeri punggung bagian bawah ternyata juga bisa menjadi tanda adanya kanker pada ginjal. Hal ini bisa terjadi karena letak ginjal berada di setiap sisi tulang belakang bagian bawah.

 

3 dari 6 halaman

Parahnya, jika memang nyeri punggung bawah disebabkan karena kanker ginjal, kanker tersebut sudah memasuki stadium lanjut. Sel kanker tumbuh secara drastis dan terus menumpuk, hingga akhirnya membentuk tumor.

Jika dibiarkan, tumor terus nantinya kian membesar. Tekanan yang diberikan kepada orang di sekitarnya pun juga akan semakin besar, dan tentu akan terasa sakit. Parahnya, rasa sakit tersebut bisa seperti ditusuk benda tajam . Bisa di sisi pinggah, juga di bagian punggung bawah.

 

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Sakit PunggungIlustrasi Sakit Punggung © Shutterstock

Selain nyeri punggun bawah, tanda kanker ginjal juga bisa berupa kencing berdarah. Sel kanker bisa memengaruhi hal lain dan bisa menyebabkan kencing darah (hematuria). Namun, kencing darah bukan tanda pasti kanker ginjal, hanya kemungkinan besar saja.

Kemudian tanda lain kanker ginjal ada benjolan di perut. Tentu hal ini dikarenakan adanya tumor yang tumbuh dan membesar, keras bila disentuh. Tanda lain bisa berubaha kelelahan dan anemia. Rasa lelahnya tidak karena kurang tidur, bahkan nggak ngapa-ngapain aja rasanya lelah.

 

5 dari 6 halaman

Selain itu, ginjal yang fungsinya terganggu akan memberikan sinyal ke tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah pun nantinya tidak mencukupi kebutuhan, sehingga anemia dan kelelahan. Sehingga pasien kanker ginjal bisa merasakan kelelahan dua kali lipat.

Tanda kanker ginjal terakhir adalah bisa berupa berat badan yang turun tanpa sebab, seperti kondisi umum pasien kanker lainnya. Meskipun tanpa sebab yang jelas, umumnya hal teresbut berkaitan dengan memburuknya nafsu makan.

Join Diadona.id