Jangan Disepelekan, Tersedak Bisa Sebabkan Kematian!

Health | Kamis, 23 September 2021 16:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Terdengarnya sepele, namun bisa fatal sebenarnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, ada saja hal tak terduga yang bisa terjadi. Yang sering banget terjadi nih ketika lagi makan atau minum enak-enaknya, tiba-tiba tersedak. Banyak orang yang menganggap sepele hal ini. Padahal, melansir dari Kompas.com, tersedak bisa menyebabkan kematian!

Jangan Disepelekan, Tersedak Bisa Sebabkan Kematian!
2 dari 7 halaman

Ilustrasi Wanita TersedakIlustrasi Wanita Tersedak © Shutterstock

Sebab, pada dasarnya tersedak itu terjadi karena ada penyumbatan di saluran napas bagian atas, disebabkan oleh makanan atau hal lainnya. Akibatnya seseorang mengalami kesulitas bernapas. Gejala yang munul biasanya batuk sederhana, dan biasanya sih langsung teratasi.

Namun ternyata, tersedak juga bisa menyebabkan penyumbatan pernapasan seara total. Sehingga hal tersebut bisa menyebabakn kematian. Makanya, tersedak sejatinya termasuk golongan keadaan darurat medis.

 

3 dari 7 halaman

Tersedak dengan keadaan penyumbatan total ini tubuh tindakan cepat dan tepat. Makanya, orang di sekitar harus siap sebab tim medis darurat belum tentu bisa tiba tepat waktu. Sebab jika tidak tertolong, nyawa bisa jadi taruhannya.

Ketika tersedak menyebabkan penyumpatan pernapasan secara total, tidak akan ada oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Sementara otak itu organ yang sangat sensitif. Jika kekurangan oksigen dalam 4-6 menit, organ ini bisa mulai mati.

 

4 dari 7 halaman

Ilustrasi Wanita TersedakIlustrasi Wanita Tersedak © Shutterstock

Oleh karena itu, pertolongan pertama sangatlah penting, dan harus diperhatikan oleh orang sekitar. Metoda yang bisa dilakukan adalah 'five and five'. Hmm, kalian udah tau belum apa itu?

'Five and five' berarti menggunakan lima tumit tangan untuk memukul punggung orang yang tersedak di antara tulang belikat. Setelah, bisa melakukan manuver Heimlich lima kali. Kemudian, lakukan selang-seling secara bergantian sampai orang itu tidak lagi tersedak.

5 dari 7 halaman

Gimana melakukan Heimlich?

1. Berdiri di belakang orang yang tersedak. Lingari tangan kamu di pinggangnya.

2. Condongkan tubuh orang yang tersedak ke depan.

3. Kepalkan tangan dan letakan di atas pusar perut orang tersebut.

4. Gunakan tangan lain untuk mencengkeram kepalan tangan, dan tekan perut orang tersebut dengan gerakan ke atas (kayak gendong).

5. Ulangi 5 kali.

6 dari 7 halaman

Jika kemudian orang yang tersedak tidak sadarkan diri, kamu bisa bersihkan napasnya, namun jika memungkinkan. Atau kamu bisa menggunakan PCT, atau menunggu layanan darurat medis yang sudah kamu hubungi sebelumnya.

Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id