Jangan Salah, Minum Kopi Bisa Cegah 5 Penyakit Berbahaya Ini lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 26 November 2020 17:27
Jangan Salah, Minum Kopi Bisa Cegah 5 Penyakit Berbahaya Ini lho!
Emang bermanfaat banget ya berarti!

Hampir semua orang kayaknya bakal minum kopi untuk beraktivitas. Rasanya setelah minum kopi, untuk melakukan apa-apa menjadi lebih fokus dan bersemangat. Hasilnya pun menjadi lebih memuaskan.

Tapi jangan salah, minum kopi manfaatnya bukan cuma bikin mata melek aja. Tapi melansir dari Liputan6.com, minum kopi bisa cegah 6 penyakit berbahaya ini lho!

 

1 dari 6 halaman

Cegah Diabetes

Ilustrasi Diabetes © Diadona

Berdasasrkan analisa di jurnal Diabetes Care, orang yang rutin minum kopi kecil kemungkinannya terkena diabetes 2. Peneliti dari Universitas Harvard pun mengatakan hal yang senada. Hal ini dikarenakan kopi mempunyai kandungan kromium yang dapat membantu tubuh memanfaatkan insulin, sedangkan insulin sendiri adalah hormon yang mengatur gula darah.

 

2 dari 6 halaman

Cegah Kanker

Ilustrasi Kanker Payudara © Diadona

Ternyata, rutin minum kopi bisa mencegah kanker tertentu lho. Berdasarkan penelitian dari University of Southern California 2018, orang yang minum kopi punya risiko 26 persen lebih kecil untuk mengembangkan kanker dibanding mereka yagn tidak minum kopi. Sedangkan yang minum kopi 2,5 persi dalam sehari punya 54 persen lebih kecil.

 

3 dari 6 halaman

Cegah Parkinson

Rutin minum kopi juga bisa cegah parkinson. Sedangkan parkinson adalah penyakit sistem saraf pusat dengan tanda tremor. Tinjauan literatur 2017 di Archive of Medical Science, para penelitinya mengatakan bahwa orang yang minum kopi tidak berlebihan punya tingkat Parkinson lebih rendah.

 

4 dari 6 halaman

Cegah Alzheimer

Ilustrasi Kanker © Diadona

Alzheimer merupakan demensia, yang berbuhungan dengan hilangnya memori. Sedangakan penelitian menunjukkan bahwa orang minum kopi berhubungan dengan risiko demensia yang lebih rendah. Yang paling memengaruhi adalah kandungan kafein tinggi pada kopi.

 

5 dari 6 halaman

Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Ada meta-analisi pada April 2018 yang menunjukkan bahwa minum kopi bisa menurunkan frekuensi fibrilasi atrium sampai 13 persen. Ini berarti kopi bagus untuk jantung. Ya, meskipun perlu kejelasan soal pasien yang mempunya irama jatung tak normal.

Berdasarkan tinjuan BMJ, peminum kopi 19 persen punya risiko 19 persen lebih kecil meninggal karena kardiovaskular, dan 30 persen lebih keccil meninggal karena stroke dibanding mereka yang tidak minum kopi.

 

6 dari 6 halaman

Karena bisa mencegah 5 penyakit berbahaya tersebut, makanya peminum kopi disimpulkan dari European Journal of Epidemiology 2016 bahwa peminum kopi mempunyai hidup yang lebih lama.

Yuk, minum kopi. Tapi jangan berlebihan, ya!

Beri Komentar