Jangan Salah, Sariawan Lebih dari Sebulan Tanda Penyakit Serius lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 19 November 2020 19:27
Jangan Salah, Sariawan Lebih dari Sebulan Tanda Penyakit Serius lho!
Iyaa? Kenapa yaa?

Siapa sih yang

nggak kesel kalau lagi sariawan? Makan nggak enak, bawaannya emosi juga. Mau ketawa ya sakit, tapi diem aja ya kok gatel mulut pengin ngomong...

Meski menyebalkan, sariawan ini tergolong masalah kesehatan mulut dan gigi yang cepat sembuhnya. Paling nggak ada seminggu juga udah membaik. Kalian paling lama berapa hari kalau sariawan?

Nah, tapi jangan salah nih gaes, melansir dari Antara via Merdeka.com, kalau sariawan lebih dari satu bulan, bisa pertanda penyakit yang serius lho!

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Sariawan © Diadona

Penyakit tersebut adalah kanker mulut. Huh, seram juga ya? Hal ini berdasarkan keterangan dari dr. Rusmawati, dokter spesialis penyakit mulut di RS Mitra Keluarga, Bintaro.

" Secara umum Anda harus bisa membedakan sariawan biasa dengan kanker, yaitu waktu penyembuhan sariawan, tingkat sariawan, lokasi, meraba sekitar luka sariawan serta melihat perubahan warna adakah bercak putih dan merah di rongga mulut."

 

2 dari 3 halaman

Menurut dr. Rusmawati, selain lebih dari sebulan, tanda-tanda terkena kanker mulut adalah rongga mulut sakit, dagu bengkak, tenggorokan terasa gatal, gigi goyang-goyang, susah makan, ada benjolan di leher, bau mulut, berat badan turun drastis... banyak juga ya?

Banyak faktor yang menyebabkan kanker mulut. Di antaranya adalah sering merokok, minum alkohol, dan bibir terkena sinar matahari berlebihan. Untuk itu, sudah sebaiknya kita menghindari hal-hal tersebut untuk mengurangi risiko terjadinya kanker mulut.

 

3 dari 3 halaman

Buat kalian yang sariawan lebih dari sebulan, kalian jangan menganggapnya sebagai hal yang remeh. Kalian mungkin nggak sadar, tapi itu bisa jadi pertanda kanker mulut. Jadi, segera periksa ke dokter, ya!

 

Beri Komentar