Jangan Sepelein Suara Bising, Bisa Bahaya Banget Buat Kesehatan!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 28 Juli 2020 16:27
Jangan Sepelein Suara Bising, Bisa Bahaya Banget Buat Kesehatan!
Waduh, sering banget nih. Jadi harus gimana dong?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap kali mendengar suara bising. Tapi kebanyakan dari kita akan bodoamat, tak peduli, menyepelekannya. Padahal, jika kamu sering demikian, bahayanya untuk kesehatan begitu serius.

1 dari 4 halaman

Melansir dari Prevention.com, suara bising yang didengar terus-menerus bisa berakibat serangan jantung. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbiatkan di Environmental Health Perspectives.

Penelitian tersebut memantau 110 aktivitas detak jantung orang dewasa beserta paparan kebisingan. Semakin meningkatnya suara bising tersebut, semakin meningkat pula detak jantung mereka.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Suara Bising © Diadona

Bahkan ketika suara-suara itu tetap di bawah 65 desibel, zona aman pendengaran, denyut jantung masih saja naik.Meski demikian, Eric Wilkinson, Md, seorang otolaryngologist bersama House Clinic di St. Vincent Medical Center di Los Angeles, suara di bawah 60-65 desibel masih belum terbukti memperburuk kesehatan. Yang masih berbahaya suara bising di atas 80 desibel.

Namun, faktor lain juga perlu dipertimbang. Cara seseorang merasakan suara tersebut juga penting. Apakah menyenangkan, atau menjengkelkan. Sebab, ini memengaruhi reaksi psikologis.

3 dari 4 halaman

Tapi tetap jasa, suara bising berapapun tingkatannya jika gak aman untuk diri seseorang jika didengar terus-terus akan membahaykan kesehatan, terutama serangan jantung.

Untuk mengantisipasinya, ada 3 hal yang bisa dilakukan. Pertama, ketahui batas, seberapa lama kamu mampu mendengar suara bising. Kedua, unduh pendeteksi tingkatan suara (siapa tau tempat yang kamu kunjungi bising banget. Ketiga, siapin aja sarung telinga buat jaga-jaga.

4 dari 4 halaman

Nah guys, jangan nyepelin suara bising ya!

Beri Komentar