Jangan Sering Pakai Sepatu Kekecilan, Bisa Kena Penyakit Ini!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 3 Agustus 2021 17:03
Jangan Sering Pakai Sepatu Kekecilan, Bisa Kena Penyakit Ini!
Biasanya udah kekecilan, ditambah pakai higheels lagi.

Pemakaian sepatu yang terlalu sempit atau kekecilan memiliki dampak buruk bagi kesehatan, terutama pada kaki. Selain terasa tidak nyaman, sering memakai sepatu yang sempit juga dapat memengaruhi bentuk jari kaki.

Contoh kelainan bentuk jari kaki yang dapat terjadi adalah hammer toe. Kondisi ini dapat membuat jari kaki tertekuk atau bengkok. Nah untuk lebih mengetahui dan mewaspadainya, simak ulasan mengenai hammer toe berikut ini ya!

1 dari 5 halaman

Apa Itu Hammer Toe?

Ilustrasi Hammer Toe © Diadona

Dilansir OrthoInfo, hammer toe merupakan kondisi jari kaki yang menekuk di sendi bagian tengah. Kelainan ini dapat terjadi di jari kaki kedua, ketiga atau keempat (jari telunjuk, tengah atau jari manis).

Jika masih awal, jari kaki yang mengalami hammer toe masih dapat dikoreksi atau diluruskan kembali. Namun jika dibiarkan terlalu lama, penderita mungkin perlu menjalani operasi untuk memperbaiki atau meluruskan jari kaki yang menekuk.

2 dari 5 halaman

Gejala Awal

Ilustrasi Hammer Toe © Diadona

Hammer toe ditandai dengan jari kaki yang bengkok atau menekuk ke bawah. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berjalan. Di samping itu, hammer toe juga dapat menimbulkan nyeri saat penderitanya mencoba untuk meregangkan atau menggerakkan jari kaki yang sakit.

Selain itu, kondisi jari kaki yang membengkak kemerahan juga bisa menjadi tanda awal hammer toe. Tapi benarkah bisa karena akibat pemakaian sepatu yang sempit?

3 dari 5 halaman

Dapat Dipicu Oleh Pemakaian Sepatu yang Sempit

Ilustrasi Kaki Nyeri karena Pakai Sepatu Sempi © Diadona

Hammer toe terjadi akibat ketidakseimbangan otot yang memberi tekanan pada tendon dan sendi jari kaki. Jika jari kaki ditekuk pada satu posisi dalam waktu cukup lama, otot dan persendian akan mengencang dan tidak bisa meregang.

Dikutip dari OrthoInfo, memakai sepatu yang tidak pas adalah salah satu penyebab umum ketidakseimbangan tersebut. Kebiasaan memakai sepatu yang sempit dapat mendorong jari-jari kaki ke posisi tertekuk. Jari kaki juga dapat bergesekan dengan bagian dalam sepatu sehingga mengakibatkan kapalan pada jari kaki. Selain itu, sering memakai sepatu hak tinggi juga berisiko menyebabkan hammer toe.

4 dari 5 halaman

Pencegahan Hammer Toe

Cara terbaik untuk mencegah hammer toe adalah dengan memakai sepatu dengan ukuran yang pas. Selain itu, hammer toe juga bisa dicegah dengan memilih sepatu dengan bagian dalam yang lembut.

Jika sepatu Anda sudah mulai terasa sempit, segera ganti sepatumu dengan sepatu yang lebih besar dan lebih nyaman. Terakhir, hindari memakai sepatu hak tinggi yang lebih dari 5 cm.

Beri Komentar