Jarang Diperhatikan, Apa Ya Manfaat Air Liur Seseorang?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 20 Agustus 2021 08:27
Jarang Diperhatikan, Apa Ya Manfaat Air Liur Seseorang?
Kepikiran nggak nih kalian? Apa ya manfaat air liur~

Seseorang pasti mempunyai air liur, bukan? Kalau tidur aja, banyak dari kita yang ngiler, nih, dan hasilnya bantal jadi basah. Sebagian orang menganggap bahwa air liur itu menjijikan, namun tentu kehadirannya mempunyai tujuan tersendiri untuk tubuh.

Namun, kira-kira apa ya manfaat air liur yang jarang diperhatikan ini? Melansir dari Hello Sehat, ini jawabannya!

1 dari 5 halaman

1. Membersihkan dan Melindungi Mulut

Ilustrasi Gigi Sakit © Diadona

Ternyata, air liur mempunyai peran yang penting untuk mulut. Ia bisa membersihkan bagian dalam mulut. Tak hanya itu, ia juga berfungsi untuk membilas gigi agar tetap bersih. Selain itu, enzim pada air liur juga sangat membantu melawan infeksi di mulut.

 

2 dari 5 halaman

2. Bantu Proses Pencernaan

Air Liur ternyata juga membantu proses pencernaan. Ia membasahi dan melarutkan makanan sehiinga jd mudah dicerna, ditambah bantuan enzim amilase untuk memecahkan makanan. Selain itu, air liur membantu makanan masuk melewati tenggorokan karena basah dan lembut.

 

3 dari 5 halaman

3. Cegah Mulut Kering

Ilustrasi Gigit Kuku © Diadona

Fungsi lain air liur adalah mencegah keringnya mulut. Usia tua mulutnya semakin kering. Kenapa? Karena seiring bertambahnya umur seseorang, produksi air liur semakin berkurang. Untuk mencegah hal tersebut, kalian bisa permen karet tanpa gula, munum air putih.

 

4 dari 5 halaman

4. Mencegah Kerusakan Gigi dan Gusi

Air liur ternyata bisa membantu melindungi penyakut dan kerusakan gigi, menurut sebuah penelitian. Air liur memlapisi tipis gigi sehinngga bisa terlindungi dari bakteri. Aiu liur punn mengandung antimikroba membunuh bakteri.

Air liur pun juga bisa meluruhkan sisa makanan yang nempel sehingga mencegah terjadinya kerusakan gigi. Permukaan gigi enamel dibangun oleh mineral air liur. Air liur juga menetralkan asam di mulut.

 

Beri Komentar