Jarang Disadari, Ingin Menangis Tanpa Alasan yang Jelas Bisa Jadi Gejala Gangguan Mental

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 10 September 2020 08:25
Jarang Disadari, Ingin Menangis Tanpa Alasan yang Jelas Bisa Jadi Gejala Gangguan Mental
Pernah merasakan perasaan seperti ini?

Ketika dalam suasana hati yang kurang bagus, seseorang dapat tiba-tiba merasa ingin menangis. Perasaan ingin meluapkan emosi ini dapat terjadi tanpa penyebab atau alasan yang jelas.

Umumnya hal ini memang kerap terjadi pada wanita, tapi bukan berarti juga pria tak dapat mengalaminya ya.

Perasaan ingin menangis tanpa alasan ini jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya ada penyebabnya kok. Dilansir dari healthline.com, ini lho hal-hal yang mungkin sedang terjadi pada dirimu hingga menyebabkanmu ingin menangis.

1 dari 4 halaman

Gejala Depresi

ilustrasi wanita sedih © Diadona


Ini adalah penyebab paling umum jika kamu tiba-tiba merasa ingin menangis tanpa alasan yang jelas. Biasanya gejala ini akan berlangsung selama beberapa minggu.

Hal ini akan membuat kegiatan atau aktifitas yang menyenangkan tak lagi terasa menarik untuk dilakukan.

Adapun gejala lainnya biasanya diikuti dengan kesedihan berlebih, merasa putus asa, tak berharga, tak bertenaga dan susah berkonsentrasi.

Seseorang dengan gejala depresi ringan umumnya mudah menangisi hal-hal yang kecil dan remeh, hal ini pun tak dapat ditahannya. Namun ketika seseorang tak dapat mengekspresikan perasaannya dan susah menangis, maka ini adalah gejala depresi berat.

2 dari 4 halaman

Gangguan Kecemasan (Anxiety)

ilustrasi wanita sedih © Diadona


Perasaan cemas atau gugup adalah suatu hal yang wajar. Namun hal ini akan terasa berbeda ketika seseorang mengalami gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan dapat membuat seseorang merasa sangat khawatir setiap saat atau pada hal-hal kecil. Jika perasaan ingin menangis diiringi dengan beberapa gejala lain seperti rasa gelisah berlebih, mudah tersinggung, ketegangan otot, merasa lelah setiap saat, susah fokus hingga susah tidur, maka kamu perlu segera mengonsultasikannya ke dokter ya.

3 dari 4 halaman

Masalah Neurologis

Ilustrasi Wanita Depresi © Diadona


Gangguan neurologis adtau juga disebut Pseudobulbar affect (PBA). Ini merupakan gangguan pada bagian otak yang mengendalikan emosi seseorang, sehingga membuatnya tak dapat mengontrol emosi.

Hal ini dapat membuat apa yang sedang dialami jadi tak sesuai dengan apa yang dirasakan. Meski sangat berbeda, namun PBA sering kali dikira depresi.

4 dari 4 halaman

Hormon

Ilustrasi Wanita Depresi © Diadona


Seperti yang disebutkan sebelumnya, rata-rata wanita memang lebih sering menangis dibanding pria. Hal ini disebabkan karena pria memiliki hormon testoseron, dimana hormon ini dapat menghambat air mata dan tangisan.

Secara biologis, wanita memang lebih mudah menangis dan mengangisi hal-hal yang mungkin dianggap pria tak perlu. Belum lagi adanya menstruasi yang membuat hormon wanita jadi tak menentu.

Jadi itu dia beberapa hal yang dapat jadi penyebab seseorang menangis. Kira-kira penyebab perasaanmu kali ini yang mana?

Beri Komentar