Jarang Disadari, Ini lho 5 Bagian Tubuh yang Sering Keluarkan Bau Gak Sedap!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 19 Oktober 2020 18:27
Jarang Disadari, Ini lho 5 Bagian Tubuh yang Sering Keluarkan Bau Gak Sedap!
Bukan ketiak doang yha~

Hampir rata-rata dari kita nggak tahan kalau nyium bau nggak sedap. Bener nggak? Di samping itu, bau badan juga bikin kita nggak percaya diri nih, nggak enak sama respons orang lain kalau nyium bau badan kita.

Tapi kira-kira, pernah nyadar nggak sih, bau di badan kita tuh di bagian mana aja? Nah dr. Sung, di channel Youtube SB30 Health, menjelaskan hal ini nih!

 

1 dari 6 halaman

Rambut

Rambut ternyata adalah salah satu bagian tubuh yang sering menimbulkan bau nggak sedap. Terutama bagi mereka yang rambutnya tebal dan tebal, udah gitu berkeringat lagi. Apalagi kalau ditambah sering ditutup seperti memakai helm.

Dr. Sung © Diadona

" Ini paling sering menimbulkan bau. Terutama mereka yang sering berkeringat, kemudian rambut lebat, tebel, panjang. Kemudian tertutup, nah contohnya salah kerjaan yang mewajibkan menutup kepalanya, seperti driver ojol."

Untuk mengatasinya, bisa berbagai cara. Bisa dengan keramas, dan sering memotong rambut.

" Solusinya ya Anda keramas. Untuk meminimalisir, potong rambut Anda lebih pendek, untuk mengurangi panas."

 

2 dari 6 halaman

Mulut

Bagian kedua yang sering menimbulkan bau adalah mulut. Banyak yang menyebabkan hal ini terjadi. Bisa karena kurang minum air putih, bahkan sampai faktor makanan yang dimakan.

Dr. Sung © Diadona

" Yang kedua adalah mulut. Kita tahu sendiri bahwa kalau kita kurang minum air, apalagi saat berpuasa, mungkin bau mulutnya lebih tidak enak. Nah, tuh juga pengaruh dari makanan yang kita makan."

Bahkan menurut dr. Sung, sisa makanan yang menempel di pipi bisa bikin bau mulut lho! Tapi bisa juga karena ada masalah kesehatan sama mulut, atau bahkan dari pencernaan.

 

3 dari 6 halaman

Ketiak

Yang ketiga ada ketiak. Bagian ini emang udah jadi perbincangan sumber bau badan sih ya guys. Dr. Sung pun membenarkan hal ini, sebab area sering tertutup dan terlipat.

Dr. Sung © Diadona

" Ketiak ini merupakan area di mana kulitnya ini terlipat-lipat dan tertutup. Jadi kalau sering basah di sana dan ketemu bakteri, itulah yang menimbulkan bau."

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan deodoran antipersiprant.

 

4 dari 6 halaman

Selangkangan

Nggak apa-apa ya dibahas? Bagian tubuh yang sering menimbulkan bau jatuh kepada area selangkangan, guys! Ngerasa kan? Kasusnya sama ketiak sih, tertutup dan sering terlipat.

Dr. Sung © Diadona

" Area keempat adalha selangkangan. Ini mirip ketiak. Kalo ketiak di atas, selangkangan di bawah."

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah tentu rajin membersihkan diri. Selain itu, sering-sering ganti celana dalam, jangan sampai memakai celana dalam seharian apalagi berhari-hari. Bahan katun is the best, guys! Serap keringat dengan baiq~

 

5 dari 6 halaman

Kaki

Area terakhir jatuh kepada kaki. Hmm, siapa nih yang pernah nggak tahan sama bau kaki seseorang? Ternyata, hal ini disebabkan oleh banyaknya keringat yang dikeluarkan di bagian kaki guys!

Dr. Sung © Diadona

" Perlu Anda ketahui, seorang pria dewasa kalau berkeringat kakinya itu bisa mengeluarkan keringat hingga setengah hingga satu liter. Tergantung ukuran kakinya juga."

Solusinya adalah seringlah ganti kaus kaki. Selain itu, bersih dengan betul-betul kaki, hingga ke sela-selanya. Soalnya, seringkali bagian ini luput banget guys dibersihin pas mandi!

Bisa juga spa dengan garam khusus. Untuk spatu, bisa gunakan semprotan pembunuh bakteri.

 

Beri Komentar