Jarang Disadari, Ini lho Tanda Sistem Imun Tubuh Lagi Lemah!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 18 September 2020 16:27
Jarang Disadari, Ini lho Tanda Sistem Imun Tubuh Lagi Lemah!
Perhatikan, ya!

Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi corona di tanah air masih berlanjut hingga sekarang. Bukannya berkurang, jumlah kasusnya malah semakin bertambah. Untuk itu, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan diri sendiri mengenai hal ini.

Covid-19 adalah tentang sistem imun tubuh. Untuk itu, sistem imun tubuh harus benar-benar kuat agar kebal dari virus ini. Meski demikian, tentu saja masih banyak orang yang menyadari, apa tanda-tanda kalau sistem imun lgi lemah.

Melansir dari Pennmedicine.org, ini tanda sistem imun kalo lagi lemah.

1 dari 7 halaman

1. Stres Tingkat Tinggi

Orang yang stres akut biasanya mempunyai sistem imun lemah. Hal ini berdasarkan sebuah laporan dari American Psychologial Association. Akibatnya jadi mudah terkena virus seperti flu.

Ilustrasi Wanita Stres © Diadona

" Itu karena stres menurunkan limfosit tubuh, sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah tingkat limfosit, semakin kamu berisiko terkena virus, seperti flu biasa," jelas Nadia Hasan, DO, seorang dokter di Delancey Internal Medicine.

2 dari 7 halaman

2. Sering Flu

Beberapa kali terserang flu atau pilu dalam setahun itu masih normal-normal saja. Paling lama mungkin hanya berlangsung 7-10 hari.

Tapi kalau terus-terusan dan nggak bisa sembuh dengan sendirinya, itu jelas sistem imun sedang lemah sementara juga berjuang untuk mengimbangi.

3 dari 7 halaman

3. Banyak Masalah Perut

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Siapa sangka bahwa ternyata masalah perut juga berhubungan dengan sistem imun yang lemah. Sebut saja diare, kentut, dan sembelit.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa hampir 70 persen sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan.

4 dari 7 halaman

4. Luka Luar Lambat Sembuh

Luka luar, seperti terbakar, terpotong, atau tergoreng, jika lambat sembuh dengan sendirinya, itu berarti sistem imun sedang lemah.

Sebab, tubub sebenarnya bekerja untuk melindungi luka engna mengirimkan darah yang kaya akan nutris kepada luka yang butuh penyembuhan alias regenerasi kulit baru.

5 dari 7 halaman

5. Sering Alami Infeksi

 

 

Selain luka luar yang sulit sembuh, sering alami infeksi bisa jadi tanda imun sistem sedang lemah. Menurut American Academy of Allergy Asthma & Immunology, salah satu tanda imun lemah adalah punya infeksi telinga setidaknya empat dalam satu tahun.

6 dari 7 halaman

6. Lelah Sepanjang Waktu

Ilustrasi Seorang Pria Terlihat Lelah © Diadona

Tidur cukup. Akvitias yang dilakuin nggak berat. Tapi rasanya lelah sepanjang waktu? Jangan salah, itu bisa jadi menandakan bahwa sistem tubuh lagi lemah.

7 dari 7 halaman

Nah guys, itulah tanda-tanda sistem imun lagi lemah. Kamu bisa meningkatkannya dengan makan sehat seimbang, tidur cukup, olahraga teratur, cuci tangan, dll, dan yang paling penting, jangan stres. Semangat!

 

Beri Komentar