Jarang Disadari, Makin Tua Hidung Makin Akan Makin Membesar Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 5 Agustus 2020 08:25
Jarang Disadari, Makin Tua Hidung Makin Akan Makin Membesar Lho!
Ternyata ini lho fakta unik dari bagian hidung.

Secara umum, kita mengetahui jika tubuh mengalami masa perkembangannya di fase remaja atau masa pubertas. Namun tak seperti bagian tubuh lainnya yang akan berhenti berkembang setelah masa pubertas berakhir, ternyata hidung akan terus tumbuh bahkan hingga kita tutup usia lho.

Dilansir dari berbagai sumber, hal ini memang tak banyak disadari. Sebagai salah satu bagian tubuh yang berperan penting terlebih bagi penciuman, hidung ternyata memiliki satu fakta unik.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Hidung Mancung © Diadona

Secara umum, tulang dalam tubuh akan berhenti berkembang setelah mengakhiri fase berkembang hingga dewasa. Hal ini disebabkan karena pengaruh sel-sel otot dan lemak berhenti membelah.

Namun berbeda dengan rawan atau kartilago di sekitar hidung dantelinga yang akan tetap tumbuh. Jaringan tulang lunak, otot, dan kelenturan tulang rawan menyebabkan hidungterus tumbuh mengikuti struktu dasarnya.

2 dari 3 halaman

Wanita Lansia © Diadona

Dirangkum dari Verywell.com, terdapat penelitian yang dilakukan Forensic Science International mengenai adanya perubahan di bagian hidung pada beberapa kelompok ras yang berbeda seperti Tiongkok, India, Melayu, Eropa hingga Lainnya.

Hasilnya, orang yang berusia lebih tua akan cenderung memiliki ukuran dan bentuk hidung yang lebih besar di banding semasa mudanya.

 

3 dari 3 halaman

Hal ini lah yang membuktikan jika hidung terus berkembang seiring bertambahnya usia. Pertumbuhan ini akan melambat ketika kita memasuki usia 30 tahun, dan dapat meningkat lagi di usia 50-60 tahun.

Nah jadi hidung akan terus tumbuh lho seiring bertambahnya usia. Baru menyadarinya?

Beri Komentar