Jarang Disadari, Memakai Sepatu atau Sandal di Dalam Rumah Membahayakan Kesehatan Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 21 Oktober 2020 09:25
Jarang Disadari, Memakai Sepatu atau Sandal di Dalam Rumah Membahayakan Kesehatan Lho!
Kira-kira apa hubungannya memakai sepatu di dalam rumah dengan kesehatan ya?

Secara umum masyarakat Indonesia memang biasa unutk melepas sepatu dan sandal sebelum masuk rumah. Namun karena berbagai alasan sebagian orang juga biasa menggunakan sandal dan sepatunya di dalam rumah.

Meski tak mengotori lantai rumah, namun penggunaan sandal dan sepatu yang biasa di pakai bepergian di dalam rumah ternyata memiliki dampak yang buruk lho bagi kesehatan. Emang apa hubungannya ya memaki sepatu atau sandal dalam rumah dengan kesehatan?

1 dari 2 halaman

Membawa Bakteri

 

Ilustrasi sepatu vintage © Diadona

Sepatu yang kita kenakan dari luar tentu dapat terinfeksi dengan berbagai kuman dan bakteri. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Microbiome menganalisis lingkungan mikroba yang ada di permukaan akan menempel pada sepatu lalu pindah ke berbagai lokasi sesuai dengan ke mana orang tersebut berjalan.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Arizona menemukan bahwa bagian luar sepatu membawa bakteri 140 kali lebih banyak daripada bagian dalamnya.

2 dari 2 halaman

Berpotensi Menularkan Racun

Ilustrasi Sandal © Diadona

Secara kasat mata mungkin sepatu dan sandal kita nampak bersih tanpa adanya kotoran. Namun jangan tertipu dengan penglihatan mata saja ya, guys. Menurut penelitian yang dilakukan Baylor University menemukan jika orang yang tinggal dekat jalan aspal yang dilapisi dengan batubara memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker dan racun. Peneliti menemukan racun ini menetap di dalam rumah sebagai partikel debu.

Hal ini karena partikel-partikel racun dapat masuk kedalam sepatu, misalnya ketika huja dan membuat racun jadi larut ke dalam air yang menempel di bagian sepatu.

Nah loh, ternyata bahaya juga ya menggunakan sandal sepatu di dalam rumah. Mulai sekarang ubah kebiasaan ini ya, pastikan selalu melepas sepatu dan sandal sebelum masuk rumah. Keep Healthy, Guys!

Beri Komentar