Jarang Disadari, Nonton Video 'Mukbang' Bisa Bermanfaat Buat Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 28 November 2020 12:27
Jarang Disadari, Nonton Video 'Mukbang' Bisa Bermanfaat Buat Kesehatan lho!
Selain bikin pengin makan juga, menyehatkan juga ternyata gaes~

Salah satu situs yang sering dikunjungi orang-orang belakangan ini Youtube. Kamu juga kan? Di Youtube banyak sekali beragam konten, dan salah satunya adalah konten 'mukbang'. Hmmm, pasti udah akrab dong dengan istilah yang satu ini?

Ketika si pembuat konten melakukan mukbang, mereka akan cenderung menonjolkan suara makanan yang mereka makan. Suara tersebut seakan-akan akan merambat ke dalam kedua telingamu, berbisik namun memengaruhi seluruh tubuhmu.

Nah, suara yang seperti itu disebut dengan ASMR, atau Autonomous Sensory Meridian Response. Nah, menonton video ASMR seperti menonton orang-orang malukan mukbang di Youtube yang menonjolkan suara ketika makan, melansir dari Bustle via Liputan6.com, itu bisa bermanfaat banget lho buat kesehatan tubuh!

 

1 dari 4 halaman

Rileks

Ilustrasi Wanita Tenang © Diadona

Ada penelitian dari Universitas Sheffield. Hasilnya orang-orang yang menonton video ASMR setelahnya merasa tenang. Hal ini dikarenakan suara dari video ASMR tersebut. Detak jantung mereka juga lebih rendah dibanding mereka yang tidak mendengarkan ASMR.

2 dari 4 halaman

Lebih Positif

Ilustrasi Perempuan Bahagia © Diadona

Jika ASMR menghasilkan perasaan rileks dan detak jantung yang lebih rendah, apakah suara menonton video ASMR juga memengaruhi perilaki? Para peneliti pun mengungkapkan bahwa mereka yang mendengarkan ASMR akan merasa positif dan terhubung bagus dalam bersosialisasi.

3 dari 4 halaman

3. Mengurangi Stres

Ternyata, ASMR ini pada dasarnya cara kerja yang sama dengan meditasi. Hal ini bisa melepaskan hormon endorfin yang bisa meningkatkan rasa bahagia atau kesejahteraan secara menyeluruh.

Oleh karena itu, ASMR ini sangat bagus untuk mengurangi stres.

" Yang menarik adalah bahwa rata-rata penurunan detak jantung yang dialami oleh peserta ASMR sebanding dengan temuan penelitian lain tentang efek fisiologis dari teknik pengurangan stres seperti musik dan kesadaran," tulis Dr. Poerio.

 

4 dari 4 halaman

Wah, ternyata buat psikologis bagus juga ya. Wah, ternyata buat psikologis bagus juga ya. Yang suka nonton video Mukbang, pasti senang nih. Tapi sebenarnya ASMR itu nggak hanya didapetin dari video Mukbang aja kok. Bisa aja dari suara video orang mengetik, gitu.

Beri Komentar