Jari Membulat dan Kuku Melengkung, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 3 Oktober 2021 08:27
Jari Membulat dan Kuku Melengkung, Kenapa Ya?
Kalian juga ada yang begini?

Di sosial media tepatnya TikTok, sempat viral seorang pemuda yang mempunyai jari tangna yang membulat, serta kuku yang melengkung. Lantas, fenomena tersebut dijelaskan secara singkat oleh dr. Joee di laman pribadinya.

1 dari 4 halaman

Clubbed Finger

Dr. Joee menjelaskan bahwa fenomenanya tersebut dengan clubbed finger. Jarinya yang bulat tersebut sebenarnya membengkak karena oksigen dalam darahnya begitu yang begitu rendah.

" Jadi ini namanya clubbed finger," jelas dr. Joee. " Jari-jarinya bengkak kayak gini karena kondisi oksigen dalam darah itu rendah secara kronis."

 

2 dari 4 halaman

Penyebab Clubbed Finger

Dr. Joee pun melanjutkan bahwa orang-orang yang mempunyai ciri-ciri clubbed finger di atas harus segera diperiksa ke dokter. Sebab bisa jadi itu pertanda masalah kesehatan yang serius.

" Jika punya sodara atau kerabat yang ada clubbed finger, itu harus segera diperiksa ke dokter itu biar tau penyebab aslinya. Penyebabnya di antaranya penyakit jantung kronis, penyakit hati/liver kronis, penyakit paru kronis, dan metabolik."

 

3 dari 4 halaman

Tanda dan Cara Mengetahui Clubbed Finger

Dr. Nitish Basant Adnani melalui laman Klik Dokter, juga senada dengan Dr. Joee. Penyebab umumnya terkait dengan jantung dan paru-paru, dan fenomena clubbed finger merupakan tanda kurangnya kadar oksigen.

Ada pun tanda-tanda clubbed finger adalah:

1. Jari Bulat dan Ngembung.
2. Kuku juga cembung dan melengkung
3. Saat dipalpasi, rasanya seperti busa.
4. Terdapat perubahan sudut kuku dan dasar kuru lebih dari 180 derajat (normalnya 160).
5. Ada yang mengkilap pada kulit maupun jari.

Cara Mengetahui Clubbed Finger:

1. Pertemukan 2 jempol bagian punggung.
2. Clubbed finger pangkal kuku tidak dapat bertemu membentuk sudut 165 derajat. Sedangkan normalnya pangkal kuku bisa bertemu.

 

Beri Komentar