Jogging Pakai Jaket Cepat Bakar Lemak, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 16 November 2020 18:27
Jogging Pakai Jaket Cepat Bakar Lemak, Mitos atau Fakta?
Banyak nih yang kayak gini~

Berlari-lari kecil merupakan aktivitas olahraga yang digemari oleh banyak orang. Selain gampang dilakukan, olahraga ini bisa dibilang begitu menyenangkan, apalagi kalau dilakukan dengan teman-teman terdekat. Ada yang melakukan jogging di pagi hari, ada juga yang di sore hari.

Sebagian besar orang masih beranggapan bahwa jogging dengan jaket (terutama parasut atau sauna) bisa mempercepat membakar lemak. Tapi kan ini cuma kabar lewat semata. Ini beneran nggak sih?

1 dari 3 halaman

Ternyata, melansir dari Klikdokter.com, dr. Karin Wiradarma menjawab hal ini. Jogging dengan jaket tebal seperti itu ternyata tidak bener bila mempercepat membakar lemak. Huh, jadi cuma dapet gerah aja dong?~

Yang Sebenarnya terjadi hanya 'terasa' seakan berat badan cepat berkurang. Sebab, yang hilang sebenarnya itu bukanlah lemaknya, melainkan cairan tubuh yang merupakan keringat. Kalau tubuh diisi cairan kembali, ya berat tubuh kembali seperti semula.

 

2 dari 3 halaman

" Memang. berat badan bisa berkurang dengan lebih cepat apabila Anda banyak berkeringat. Namun, hal tersebut terjadi bukan karena kadar lemaknya yang berkurang, melainkan karena kadar cairan tubuh yang terkuras. Jadi, jika Anda mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh dengan minum air, bukan tak mungkin berat badan kembali naik," jelas dr. Karin.

Bahkan melansir dari Hellosehat, lari dengan jaket tebal seperti itu bisa menyebabkan masalah kesehatan serius lho. Sebut saja kram karena panas, dehidrasi berat, heat exhaution, dan juga heat stroke.

 

Beri Komentar