Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Mulai Diet?

Health | Jumat, 16 April 2021 08:27
Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Mulai Diet?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Hafizhatunnisa, seorang ahli gizi, menjelaskan hal ini bersama Diadona.

Memiliki badan yang ideal merupakan salah satu hal yang diidam-idamkan wanita. Untuk mencapai body goals, akhirnya banyak wanita yang melakukan diet dengan berbagai cara.

Namun, sebenarnya banyak wanita di luar sana yang masih bingung nih kapan sih seharusnya melakukan diet? Apakah tubuhnya yang sekarang perlu diet meskipun merasa baik-baik saja?

Nah, Hafizhatunnisa, S.Gz, ahli gizi lulusan Universitas Darussalam Gontor, menjelaskan hal tersebut nih gaes!

2 dari 5 halaman

Pahami Konsep Diet

 Ilustrasi Wanita DietIlustrasi Wanita Diet © Shutterstock

Wanita kelahiran 1998 ini menjelaskan bahwa sebelum diet, kamu harus memahami dulu apa itu konsep diet yang benar. Ternyata diet itu sebenarnya bukan melulu tentang menguruskan badan, tapi bagaimana mengatur pola makan agar tubuh menjadi lebih sehat.

" Jadi yang pertama harus dipahamin kalau diet itu nggak selalu berarti program untuk menuruni berat badan. Tapi diet itu artinya mengatur pola makan."

Bahkan, menambah berat badan dan menambah massa otot itu pun juga disebut diet. Hmm, kalian selama ini keliru nggak nih?

" Jadi kalau aku ingin meningkatkan berat badan, terus aku ingin memperbanyak massa otot aku, itu namanya juga diet."

3 dari 5 halaman

Jadi, Kapan?

Ahli gizi yang sekarang sedang melanjutkan pendidikannya di Semarang ini pun selanjutkan menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Ternyata, waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan adalah ketika kita sudah merasa berat badan berlebih.

" Jadi kalau untuk menurunkan berat badan sendiri, kalau pertanyaannya kapan harus kita mulai (diet), itu kalau kita udah ngerasa berat badan berlebih, gitu."

 

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Berat Badan berlebih

Terus gimana ciri-ciri berat badan berlebih? Apakah harus melulu tentang angka? Ternyata, Kak Hafizhatunnisa menjelaskan kelebihan berat badan bisa kita rasakan sendiri kok. Misalnya gampang banget capek, tau ada bagian tubuh tertentu yang nggak bisa ditekuk. Misalnya lho, ya!

 Ilustrasi Wanita DietIlustrasi Wanita Diet © Shutterstock

" Simpel banget sebenarnya cara tahu kita nih beneran kegemukan nggak sih. Pertama, gampang banget capek. Baru jalan dikit, baru ngangkat ini, udah capek. Atau pas lari, baru berapa ratus meter udah capek banget, ngos-ngosan."

Bagi yang beragama islam bisa banget nih dirasakan. Kalian kalau rukuk atau pas tahiyat akhir, ada yang aneh nggak sama badan kalian? Seperti penjelasan Kak Hafizhatunnisa ini nih.

" Atau bagi yang muslim misalnya pas salat, ketika tahiyat akhir, ketika rukuk, itu nggak bisa lurus. Nah itu udah tanda-tanda, perutnya pasti buncit dan itu tanda-tanda kegemukan."

 

5 dari 5 halaman

Jadi, sebenarnya apa yang dikatakan Kak Afizah adalah waktu yang tepat untuk memulai diet adalah ketika kamu sudah mau peduli dengan diri kamu. Ya, tentu saja untuk menjadi lebih sehat dan enjoy dalam menjalani berbagai macam aktivitas.

Hanya kamu yang bisa merasakan tubuhmu sendiri. Jika memang terasa berlebihan dan justru menganggu kegiatan sehari-hari, maka kamu sudah harus mulai diet nih gaes!

Join Diadona.id