Katanya Pengen Sembuh tapi Kok Parno Banget Sama Dokter, Kenapa Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 20 Juni 2022 08:03
Katanya Pengen Sembuh tapi Kok Parno Banget Sama Dokter, Kenapa Ya?
Mau sembuh tapi ogah-ogahan ke dokter....

Dalam hidup, pasti kita pernah merasakan yang namanya sakit. Selain dengan pengobatan mandiri, salah satu jalan pasti untuk menyembuhkan sakit adalah dengan pergi ke dokter agar mendapatkan penanganan dan obat yang tepat. Namun untuk beberapa orang, ada nih yang nggak mua pergi ke dokter. Alasannya sih takut, parno banget gitu. Ini kenapa ya? Padahal pengin sembuh.

1 dari 5 halaman

Iatrofobia

Ilustrasi Wanita Takut Berlebihan © Diadona

Ternyata, keadaan seperti ini disebut dengan iatrofobia, yaitu parno banget yang tak masuk akal terhadap dokter. Fobia ini bisa dikarenakan beberapa hal, contohnya takut disuntik, trauma dengan pemeriksaan sebelumnya, bau rumah sakit mungkin? Atau bahkan takut darah sampai trauma kehilangan orang tercinta di rumah sakit.

Punya perasaan gerogi dan semacamnya ketika hendak meneui dokter memang wajar saja, sebab hal tersebut merupakan bentuk dari perlindungan diri. Namun ketika perasaan tersebut sampai panik, mual, hingga muntah, bisa menjadi fobia. Gejalanya pada umumnya adalah cemas berlebihan, menolak pergi ke dokter, bahkan sampai takut hanya dengan melihat jas putih karena mirip jas dokter.

2 dari 5 halaman

Terus Gimana?

Keadaan ini bisa sangat berbahaya, sebab ketika mempunyai penyakit yang membuntuhkan bantuan dokter, orang terkait akan susah diajak bekerja sama nih. Alhasil, penyebab penyakit jadi susah dipastikan, terlebih untuk penanganan dan pengobatannya.

Orang dengan Iatrophobia bakalan susah nih untuk disembuhkan sebenarnya, sebab fobia ini kan takut bertemu dokter, gimana mau diperiksa? Namun untungnya, sekarang sudah banyak ahli kesehatan mental yang menawarkan layanan daring nih. Meskipun lebih efektif ditangani dengan tatap muka, namun cara ini adalah yang paling efektif untuk pengidap Iatrophobia.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Takut Berlebihan © Diadona

Kalaupun bertemu langsung, ahli kesehatan mental bakal datang ke rumah. Tidak dengan menggunakan seragam dokter, namun dengan pakaian santai saja. Terlebih biasanya disetel musik yang menenangkan agar perasaan si pasien nyaman dan aman.

4 dari 5 halaman

Nah, jadi gitu ya guys. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Beri Komentar