Kedapetan Testis Suami Besar Sebelah, Normal atau Perlu Penanganan Khusus nih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 23 April 2020 10:27
Kedapetan Testis Suami Besar Sebelah, Normal atau Perlu Penanganan Khusus nih?
"Kok besar sebelah, sayang?"

Untuk kamu para wanita yang baru saja menikah, atau yang sudah menikah tapi masih ragu-ragu untuk bertanya, kamu mesti tahu ini. Suatu saat, entah dalam apa keadaannya, kamu akan menemukan testis suamimu besar sebelah. Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa bisa gede sebelah gini: apakah ini normal atau butuh pengobatan?

1 dari 4 halaman

Hei, Itu Normal, kok!

Kalau kamu pernah atau suatu saat nanti melihat testis suami besar sebelah, kamu nggak perlu terlalu khawatir. Sebab melansir dari Heathline, hal ini normal-normal saja terjadi. Satu lebih lebih rendah, yang satu lebih tinggi. Tak peduli sebelah yang lebih besar, tapi biasanya sih yang kanan.

Nah yang mesti diperhatikan adalah meskipun testi suamimu besar sebelah, kalau normal, ia nggak akan merasakan sakit. Selisihnya juga nggak beda jauh kok, paling sekitar setengah sendok teh. Ketika bergerak pindah posisi duduk dan berdiri pun kamu nggak merasakan apapun. Nggak memerah dan bengkak? Kalau kekhawatiran di atas nggak kamu temuin pada suamimu, kamu sudah bisa bernapas lega.

2 dari 4 halaman

Tapi...

Nah, testis besar sebelah itu normal, tapi dengan catatan nggak ada gejala lainnya yang bikin suamimu kesakitan. Tapi kalau kesakitan, tentu saja itu nggak normal. Nah kalau nggak normal, apa sih sebenarnya penyebabnya?

1. Epididimitis

Atau peradangan epididimis, merupakan hasil dari infeksi. Biasanya merupakan gejala umum klamidia, infeksi menular seksual. Rasanya biasanya terasa seperti terbakar bahkan ketika buang air kecil.

2. Kista Epididimis

Hal ini merupakan pertumbuhan epididimis yang disebabkan oleh kelebihan cairan.

3. Orkitis

Orkitis adalah peradangan testis yang disebabkan oleh infeksi atau virus yang menyebabkan gondong.

3 dari 4 halaman

4. Hidrocele

Hidrocele merupakan penumpukan cairan di sekitar testis suami kamu, yang bukan hanya menyebabkan berat pada satu sisi tapi juga pembekakan. Awalnya mungkin bisa dikatakan normal, tapi bisa berakibat peradangan.

5. Varikokel

Ketika pembulu darah membesar di dlaam skrotum suamimu, itu disebut dengan varikokel. Varikokel ini bisa menyebabkan sperma rendah.

6. Torsi Testis

Putaran tali sperma bisa terjadi saat testis berputar terlalu banyak. Akibatnya bisa membuat aliran darah dari tubuh ke testis berhenti. Kalau mau testis suami kamu selamat, segera temui dokter.

7. Kanker Testis

Hal ini bisa terjadi saat sel-sel kanker menumpuk di bagian testis kamu.

4 dari 4 halaman

Nah untuk para istri, kalau suamimu mengalami hal di atas dan kesakitan, segera temui dokter ya, daripada fatal, kan? Tapi, umumnya sih testis suami besar sebelah itu normal kok! Waspada boleh, tapi jangan sampai berlebihan ya!

 

Beri Komentar