Kekurangan Yodium Bisa Sebabkan Gondok, Mitos atau Fakta?

Health | Kamis, 9 September 2021 18:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Ternyata begini lho penjelasannya.

Sebagau manusia kita sangat butuh terhadap kandungan makanan yang mampu menyehatkan. Salah satunya adalah zat yodium yang mampu menjaga kondisi sintesis hormon dalam kelenjar tiroid.

Nah, ada salah satu stigma di masyarakat yang menyebutkan bahwa penyakit gondok terjadi karena kita kekurangan yodium. Benarkah demikian? yuk, mari kita cari tahu kebenarannya.

Kekurangan Yodium Bisa Sebabkan Gondok, Mitos atau Fakta?
2 dari 6 halaman

Ilustrasi GaramIlustrasi Garam © 2020 https://www.self.com

Melansir dari laman Halodo.com, yoidum adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan tubuh dan bisanya bersumber dari makanan sehari-hari kita. Kita bisa menemukan kandungan yodium dalam makanan dalam garam atau makana laut.

Dengan kandungan manfaat yang ada di dalamnya, yodium memang mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh.

3 dari 6 halaman

Fungsi utama yodium adalah untuk sintesis hormon di dalam kelenjar tiroid manusia. Untuk sehari-hari, kebutuhan yodium yang disarankan untuk orang dewasa berkisar antara 0.1 sampai 0.15 mg. Terus gimana buat anak-anak, wanita menyusui dan yang lainnya? Nah ini dia daftaranya.

  • Dewasa = 0,15 mg per hari.
  • Wanita hamil = 0,22 mg per hari.
  • Wanita menyusui = 0,29 mg per hari.
  • Anak usia 1-11 tahun = 0,09-0,12 mg per hari.
  • Bayi = 0,11-0,13 mg per hari.

Lalu benarkah gondok bisa terjadi karena kita kekurangan yodium?

4 dari 6 halaman

Ilustrasi GondokIlustrasi Gondok © shutterstock.com

Gondok atau yang biasa disebut goitur atau struma adalah terjadinya pembesaran abnormal kelenjar tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher dan tepat dibawah jakun. Gondok biasanya tidak menimbulkan rasa sakit tetapi gondok dapat menyebabkan batuk dan sulit untuk menelan atau bernafas.

Penyebab paling umum dari gondok diseluruh dunia adalah kurangnya yodium dalam makanan. Penyebab lain dari gondok adalah disebabkan oleh kelebihan atau kekurangn produksi hormon tiroid.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi GondokIlustrasi Gondok © shutterstock.com

Terdapat dua jenis benjolan pada pembengkakan tiroid :

  • Multinodular goitre
  • Kelenjar tiroid memiliki beberapa macam benjolan.
  • Single nodule

Pengobatan pada gondok tergantung pada ukuran, gejala dan penyebab gondok. Gondok kecil yang tidak terlihat dan tidak menyebabkan masalah biasanya tidak membutuhkan pengobatan.

Kalau udah begini, gimana caranya biar nggak kena gondok?

6 dari 6 halaman

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan agar bisa terhindari dari penyakit gondok, yaitu dengan sering mengonsumsi makanan laut yang kaya akan yodium. Selain makanan laut seperti rumput laut, udang, dan kerang, kita juga bisa mengonsumsi buah dan sayuran.

Namun, kalau kamu punya keluhan kesehatan terkait dengan gondok, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Join Diadona.id