Kenalan Lebih Jauh dengan Penyakit Jantung, Bahayanya Nggak Main-Main Lho

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 11 Juni 2021 19:28
Kenalan Lebih Jauh dengan Penyakit Jantung, Bahayanya Nggak Main-Main Lho
Yuk, kenapa lebih jauh dengan bahaya penyakit jantung.

Bicara menganai risiko penyakit yang bisa menyerang siapa saja, maka jantung koroner jelas masuk dalam hitungan. Berbagai kalangan baik muda maupun dewasa sama-sama memiliki risiko terjangkit oleh penyakit jantung koroner ini.

Bahkan, penyakit jantung koroner menjadi penyebab lebih dari 37.000 orang setiap tahun di Amerika Serikat. Dengan angka kematian yang teramat tinggi, penyakit ini tentunya nggak boleh diremehkan. Oleh sebab itu, yuk kenalan lebih jauh dengan penyakit berbahaya yang satu ini.

1 dari 5 halaman

Proses Terjadinya Penyakit Jantung Koroner

Ilustrasi Penyakit Jantung © Diadona

Sesuai namanya, penyakit ini berhubungan langsung dengan jantung. Perkembangannya dimulai ketika arteri pada jantung tidak bisa mengalirkan darah yang kaya akan oksigen secara normal. Tidak normalnya aliran darah sendiri disebabkan oleh endapan mengandung kolesterol (plak) yang menempel pada arteri jantung.

Plak yang menempel ini akan membuat arteri mengalami cedera atau kerusakan, yang bisa saja dialami sejak masih kanak-kanak. Ketika dinding arteri rusak, timbunan plak yang terbuat dari kolesterol dan limbah lainnya akan terkumpul di titik cedera atau yang dikenal dengan nama aterosklerosis. Jika nggak disadari, permukaan plak akan pecah, kemudian sel darah bisa menggumpal dan menyebabkan serangan jantung.

2 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Ilustrasi Penyakit Jantung © Diadona

Sebagaimana penyakit kronis lainnya, pola hidup kurang sehat turut berkontribusi dalam menyebabkan seseorang terserang jantung koroner. Kegiatan seperti merokok dan mengabaikan pola hidup sehat bisa membuat tubuh rentan untuk terserang penyakit ini.

Penyebab lainnya yang membuat tubuh terserang penyakit jantung koroner adalah tekanan darah serta kolesterol yang tinggi. Selain itu, diabetes atau resistensi insulin juga turut menyumbang risiko seseorang dalam terserang penyakit jantung koroner.

3 dari 5 halaman

Bahaya Mengintai Ketika Tubuh Terjangkit Penyakit Jantung Koroner

Ilustrasi Penyakit Jantung © Diadona

Penyakit jantung koroner sangat perlu diwaspadai dan nggak boleh diremehkan begitu saja. Selain bisa menyebabkan serangan jantung, penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi yang memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

Sebut saja nyeri dada atau angina akibat arteri koroner yang menyempit akibat jantung nggak menerima cukup darah sesuai kebutuhan tubuh. Dalam kondisi kronis, kekurangan oksigen dan nutrisi akibat penyakit jantung koroner juga menyebabkan risiko kematian akibat gagal jantung.

4 dari 5 halaman

Cegah Penyakit Jantung Koroner Yuk

Ilustrasi Pasangan berlari © Diadona

Nggak boleh diremehkan, penyakit jantung koroner memang sebaiknya dicegah sebelum terlambat. Menerapkan pola hidup sehat menjadi cara paling mendasar untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit jantung koroner. Selain itu, kontrol kondisi tubuh seperti tekanan darah, kolesterol dan diabetes. Melalui cara ini, risiko terserang penyakit jantung koroner bisa ditekan sekaligus mencegah gangguan kesehatan lainnya.

Meskipun sudah menerapkan berbagai cara dan mengetahui gejalanya, tetap jangan melakukan self-diagnosis ketika mengalami gangguan kesehatan ya. Untuk mengetahui lebih banyak soal penyakit jantung koroner, yuk ikutan webinar 'Deteksi Penyakit Jantung, Namun Tetap Jangan Self-Diagnosis ya!' persembahan dari Halodoc.

Penjelasan lengkap mengenai penyakit jantung koroner seperti gejala, pencegahan, hingga penanganan bakal dikupas tuntas dalam webinar yang diadakan via aplikasi Zoom ini. Bakal ada dokter dari Halodoc yaitu dr. Adhestiro Harnindyo Putro, SpJP, FIHA yang bakal menjelaskan secara lengkap tentang penyakit jantung koroner. Makin lengkap dengan hadirnya influencer Debby Meylia yang bakal turut ambil bagian dalam webinar ini.

 

5 dari 5 halaman

Webinar ini bakal berlangsung pada hari Jumat, 18 Juni 2021 mulai jam 3 sore. Selain mendapatkan informasi lengkap mengenai penyakit jantung koroner, peserta yang mendaftar juga berkesempatan untuk bergabung dalam WhatsApp Group dan dapat berkonsultasi langsung dengan dokter ahli di bidangnya.

Tunggu apa lagi, cegah penyakit jantung koroner bersama ahlinya melalui webinar bertajuk 'Deteksi Penyakit Jantung, Namun Tetap Jangan Self-Diagnosis ya!'. Untuk link pendaftarannya, bisa kamu dapatkan di sini!

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim, Dokter Reviewer Content Halodoc

(jef)

Beri Komentar