Kenapa Ada Orang yang Giginya Gingsul?

Health | Minggu, 24 Oktober 2021 08:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Manis sih, cuma kadang bikin penasaran aja.

Memiliki gigi rata merupakan hal yang patut disyukuri. Namun memiiki gigi gingsul juga hal yang juga patut disyukuri. Sebab terbanyak orang yang menginginkan gigi gingsul, karena disebut terlihat manis. Meski demikian, kenapa ya ada orang yang giginya gingsul, alias tidak rata gitu?

Melansir dari Orthodonticslimited via Detik.com, selain faktor genetik, ada faktor lain yang menyebabkan orang bisa punya gigi gingsul.

 

Kenapa Ada Orang yang Giginya Gingsul?
2 dari 7 halaman

Lidah Menekan Gigi

Ilustrasi Perempuan Bergigi GingsulIlustrasi Perempuan Bergigi Gingsul © instagram.com/_irishbella_

Salah satu penyebab gigi gingsul adalah mempunyai kebiasaan menekan gigi dengan lidah, nih. Sebab otot lidah itu kuat, sehingga bisa menggerakan gigi jika ditekan secara berulang. Apalagi jika sudah dilakukan sejak usia dini.

 

3 dari 7 halaman

Sejak Kecil Hisap Jempol

Ilustrasi Perempuan Bergigi GingsulIlustrasi Perempuan Bergigi Gingsul © instagram.com/nblh.ayu

Selanjutnya, jika tanpa disadari sejak kecil sudah mengisap jempol, itu juga bisa menjadi penyebab gigi gingsul. Sebab menghisap jempol bisa memberikan dorongan tidak alami untuk gigi, sehingga bisa menyebabkan gigi gingsul, bahkan tonggos.

 

4 dari 7 halaman

Gigi Terlalu Besar untuk Ukuran Rahang

Jika gigi besar sedangkan rahan kecil, kemungkinan bsar gigi menjadi gingsul nan berantakan. Kejadian ini memang sulit untuk dicegah, namun bisa diatasi dan diperbaiki dengan ahlinya.

 

5 dari 7 halaman

Punya Gigi Dewasa Berlebih

Ilustrasi Wanita Gigi GingsulIlustrasi Wanita Gigi Gingsul © Shutterstock

Meskipun saat kecil gigi rata, saat dewasa gigi bisa gingsul dengan sendirinya. Hal ini bisa jadi disebabkan adanya pertumbuhan gigi dewasa yang berlebih. Gigi dewasa bisa nyempil di tengah padatnya rahang dan alhasil gigi jadi gingsul.

 

6 dari 7 halaman

Gigi Pertama Tanggal Lebih Cepat

Ilustrasi Wanita Gigi GingsulIlustrasi Wanita Gigi Gingsul © Shutterstock

Gigi pertama yang tumbuh saat bayi akan tanggal ketika gigi dewasa siap tumbuh. Jika gigi dewasa tumbuh di waktu yang tepat, makan gigi tersebut juga akan tumbuh di posisi yang tepat. Sebaliknya, jika waktu tumbuhnya tidak tepat, lebih cepat misalnya, gigi dewasa pun bisa tumbuh tidak sesuai tempatnya alias melenceng.

 

Join Diadona.id