Kenapa Ada yang Orang yang Mudah Banget Geli Dibanding yang Lain?

Health | Selasa, 24 November 2020 08:25
Kenapa Ada yang Orang yang Mudah Banget Geli Dibanding yang Lain?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Ternyata hal ini yang menyebabkan seseorang gampang banget geli..

Sebagian orang dapat merasa geli berlebihan dibanding yang lainnya ketika bagian tubuhnya disentuh.

Merasa geli adalah efek efek serupa yang menuntut respon fisik secara langsung. Hal ini dapat menjadi penunjuk agar tak terjadi 'serangan' lanjut. Namun lainnya halnya jika diri sendiri yang memegang. Maka tidak akan ada perasaan geli yang muncul.

2 dari 3 halaman

 Nggak Hanya Menguap, Ketawa Ternyata Juga Menular Lho!Nggak Hanya Menguap, Ketawa Ternyata Juga Menular Lho! © © MEN

Sebagian orang memang memiliki sensitivitas yang lebih tinggi dibanding yang lainnya. Namun ada juga yang memiliki sensitivitas sangan rendah, yang susah merasakan geli.

Rasa geli bisa dibedakan menjadi dua tipe. Yang pertama adalah knismesis atau rasa geli yang cenderung ringan layaknya ada bulu yang disentuhkan pada kulit. Selanjutnya adalah gargalesis yang cenderung lebih agresif dimana saat bagian tubuh yang sensitif digelitiki, kamu bisa tertawa lepas hingga kehabisan napas.

3 dari 3 halaman

 Ilustrasi GeliIlustrasi Geli © healthline.com

Dilansir dari hellosehat, menurut ahli kesehatan menyebutkan jika saat ujung saraf pada bawah kulit terstimulasi sentuhan, maka korteks akan segera menganalisa sentuhan tersebut dan mengirimnya ke kedua bagian otak dan segera diberikan sinyal untuk tertawa dan merasa senang.

Jadi tingkat sensitivitas tiap orang berbeda-beda ya, karena itu lah sebagian orang ada yang mudah untuk geli sedang yang lainnya tidak.

Join Diadona.id