Kenapa Berenang Bikin Perut Lebih Lapar, Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 28 Oktober 2021 14:27
Kenapa Berenang Bikin Perut Lebih Lapar, Ya?
Habis berenang tuh bawaannya pengin makan banyak gitu~

Berenang merupakan salah kegiatan olahraga yang cukup mengasyikan, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun rasanya, berenang ini bikin perut terasa lebih lapar. Ketika setelah berenang, rasanya pengin makan sesuatu dengan lahab, entah mie instan atau bekal yang telah dibawa.

Padahal, dibandingkan dengan olahraga lain, biasanya kita cukup dengan minum saja. Kenapa ya kira-kira?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Berenang © Diadona

Ternyata melansir dari Independent via Merdeka.com, fenomena ini ada penjelasannya lho. Berdasarkan sebuah penelitian yang membandingkan dampak nafsu makan dan jumlah makanan yang dikonsumsi dari berenang dengan bersepeda, ternyata berenang memang benar buat lebih cepat lapar.

Terdapat 32 orang dewasa di bawah 40 tahun yang ikut berpartisipasi dalam penelitian tersebut. Penelitian tersebut berupa berenang dan bersepeda. Istirahatnya diurutkan acak serta dipisahkan empat hari di setiap percobaan.

 

2 dari 4 halaman

Sebelum percobaan dilakukan, para peserta sarapan dengan makanan yang sama. Kemudian, para peserta diukur rasa laparnya sebelum dan setelah percobaan tersebut dilakukan. 30 menit setelah percobaan alias olahraga, para peserta pun diminta untuk makan pasta sampai kenyang.

Ternyata, para peserta yang berenang lebih banyak makan pastanya dibandingkan mereka yang bersepeda. Rasa lapar para peserta berenang pun juga lebih besar sehingga rasanya ingin banyak makan, entah wanita maupun pria.

 

3 dari 4 halaman

Wanita Berenang © Diadona

Dari pengamatan peneliti, kemungkinan besar yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi adalah perbedaan suhu yang terjadi. Para peserta yang berenang berada di suhu yang lebih dingin sehingga bakal memiliki rasa ingin makan berlebih untuk menghangatkan tubuh.

Wah, ternyata begitu, ya. Yang lagi nggak nafsu makan boleh nih dicoba untuk berenang dulu~

Beri Komentar