Kenapa Kita Sering Dilarang Minum Es, Emang Beneran Bisa Bikin Pilek?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 11 Agustus 2021 08:03
Kenapa Kita Sering Dilarang Minum Es, Emang Beneran Bisa Bikin Pilek?
"Es terooooosssss"

Kita mungkin familiar dengan kalimat itu. Kalimat ini biasa dilontarkan oleh orang terdekat kita saat kita kebetulan pilek dan sebelumnya kedapatan minum es. Masyarakat Indonesia seolah punya stigma yang mengatakan bahwa banyak mengonsumis es, bisa menjadi penyebab kita terkena flu.

Namun, apakah benar demikian?

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Sistem Pernapasan © Diadona

Tahukah teman-teman? Menurut informasi yang dikutip dari laman Healthline, saluran pernapasan kita memiliki sebuah pertahanan untuk mencegah terjadinya infeksi. Pertahanan itu bentuknya adalah dengan memproduksi lendir, gerakan bulu-bulu silia, dan batuk.

Ketika ada benda asing yang masuk ke saluran napas, maka lendir akan berfungsi untuk menjerat benda asing itu.

2 dari 6 halaman

Setelah terjerat, gerakan dari bulu-bulu silia akan menyapu benda asing serta lendir menuju tenggorokan. Jika lendir yang bercampur dengan benda asing banyak, maka akan muncul respon batuk.

Respon batuk tersebut kemudian mendorong benda asing tersebut keluar sehingga tidak terjadi infeksi.

3 dari 6 halaman

Ilustrasu Anak Kecil Minum Es © Diadona

Jika kita minum es, maka gerakan bulu-bulu silia tersebut akan terganggu akibat suhu dingin yang dimiliki oleh es. Selain itu, tubuh kita juga mempunyai sistem imun yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Namun, jika kita makan atau minum es, sistem imun kita tidak dapat bekerja secara optimal. Hal itu karena terjadi penyempitan atau pengerutan pembuluh darah yang dikenal dengan istilah vasokontriksi.

4 dari 6 halaman

Saat pembuluh darah menyempit, aliran darah akan berkurang dan sel-sel imun yang menuju ke tempat tersebut juga berkurang. Hal tersebut menyebabkan daya tahan tubuh berkurang dan kita mudah untuk terinfeksi virus. Terus gimana dong?

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil Minum Es © Diadona

Dilansir dari laman Halodo, perlu diketahui bahwa yang memperburuk kondisi pilek bukan es melainkan kandungan bakteri di dalamnya. Jika air yang digunakan untuk membuat es benar-benar bersih dari kuman, maka boleh-boleh saja mengonsumsi es.

Namun, apabila es tersebut terbuat dari air mentah atau air yang tidak bersih, pilek yang kamu alami bisa semakin memburuk. Jadi, tidak ada pantangan untuk minum es saat sedang pilek, asalkan es yang kamu minum sudah terjaga kebersihannya.

6 dari 6 halaman

Yang juga harus diingat adalah, terjadinya penyakit dipengaruhi oleh tiga hal yaitu kondisi orang itu sendiri, sumber infeksi, dan lingkungan. Jika daya tahan tubuh menurun misalnya karena minum es, maka risiko untuk sakit flu juga jadi meningkat.

Beri Komentar