Kenapa Pagi Hari Rasanya Sering Mulas Mau BAB, Ya?

Health | Kamis, 12 Agustus 2021 07:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Belum afdhal aja gitu, kalau belum berak alias BAB sebelum beraktivitas di pagi hari.

Buang air besar alias BAB merupakan salah satu hal yang begitu penting untuk kesehatan tubuh kita. Biasanya, orang-orang sering banget buang air besar di pagi hari setelah bangun tidur. Bahkan untuk sebagian besar orang, belum afdhal kalau belum BAB sebelum melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Namun, kenapa ya BAB seringnya dilakukan di pagi hari?

Kenapa Pagi Hari Rasanya Sering Mulas Mau BAB, Ya?
2 dari 5 halaman

Ilustrasi Buang Air BesarIlustrasi Buang Air Besar © 2020 https://www.diadona.id

Ternyata melansir dari Fatherly.com via Liputan6.com, pada pagi hari setelah bangun tidur emang sudah seperti panggilan alami untuk buang air besar. Sebab, ternyata usus kecil dan usus besar berkontraksi lebih keras setelah bangun tidur, meremas tidak kali lebih keras sehingga perut mulas dan ingin BAB.

"Pada pagi hari, saat pertama kali bangun tidur, manusia akan menerima panggilan alami untuk buang air besar. Pada pagi hari dan rasa ingin buang air besar sudah terasa, maka usus besar akan mulai berkontraksi" ucap Dr. Sarina Pasricha.

 

3 dari 5 halaman

Makanya, sangat disarankan untuk minum air putih sehabis bangun tidur. Sebab hal tersebut penting untuk kesehatan usus, juga membantu proses lancarnya buang air besar.

Di samping itu, ternyata pagi hari adalah waktu terbaik nih untuk buang air besar. Sebab, sepanjang malam usus kecil dan usus besar telah memproses seluruh makanan yang disantap sebelum tidur. Setelah bangun sisa-sisa metabolisme di tubuh pun siap dibuang tubuh.

 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Buang Air BesarIlustrasi Buang Air Besar © shutterstock.com/Tom Wang

Meski demikian, bukan berarti BAB selain di pagi hari adalah pertanda buruk. BAB kapan saja bagus, hanya saja pagi adalah waktu yang terbaik untuk buang air besar. Yang penting rutin. Yang jadi masalah adalah ketika tidak BAB dalam sehari bahkan berhari-hari.

"Mau itu dilakukan siang, sore atau malam hari itu sama saja, dan tetap tak ada masalah," jelas Dr. Sarina Pasricha.

 

Join Diadona.id