Kenapa Sih Kalau Malu Muka Jadi Merah? Bikin Nambah Salting Kan!

Health | Kamis, 17 Juni 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Duh, kan ketahuan kan jadinya.

Kalian pasti pernah dong salah manggil seseorang? atau salting pas di depan gebetan? rasanya pasti malu banget ya guys hihi.

Nah, biasanya wajah kita langsung berubah jadi merah saat berada di situasi tersebut. Walaupun tambah malu kalau ketahuan, tapi ya mau gimana lagi kan. Kita nggak bisa mengontrol wajah yang tiba-tiba jadi merah ini.

Sekarang, pertanyaannya kenapa wajah kita kalau malu atau salting jadi merah ya? Yuk kita cari tahu jawabannya.

Kenapa Sih Kalau Malu Muka Jadi Merah? Bikin Nambah Salting Kan!
2 dari 4 halaman

Reaksi Saraf

Ilustrasi Wajah MaluIlustrasi Wajah Malu © shutterstock.com

Dilansir dari medicalnewstoday.com, ternyata hal ini terjadi karena respons yang diberikan tubuh atas ketegangan yang kamu rasakan. Merasa adanya ancaman, membuat meningkatnya ketegangan tubuh.

Hal ini menyebabkan sistem saraf simpatik jadi bereaksi. Sistem ini bekerja diluar kendali kita atau spontan. Nggak sama seperti aktivitas menggerakan tangan atau kaki yang perlu kesadaran kita.

3 dari 4 halaman

Membuat Pembuluh Darah ke Wajah Meningkat

Ilustrasi Wajah MaluIlustrasi Wajah Malu © shutterstock.com

Saraf ini membuat detak jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan suhu tubuh. karena inilah kamu bisa tiba-tiba merasa panas atau bahkan berkeringat ketika cemas.

Lalu ketika sedang tersipu malu, ini membuat pembuluh darah di wajah kita akan merespons sinyal kimia yang disebut adenylyl cyclase.

Pembuluh darah di wajah kita tersebut mengalami vasodilasi atau pelebaran. Hal ini memungkinkan lebih banyak darah yang mengalir melalui wajah dari pada biasanya. Nah kondisi inilah yang membuat wajah jadi tiba-tiba merah.

4 dari 4 halaman

Apakah Cara Buat Menghindarinya Gak?

Sayangnya tidak. Sistem saraf simpatik bekerja otomatis, tanpa disengaja. Ini artinya Anda tidak dapat mengendalikannya. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pipi merona adalah dengan napas dalam-dalam dan membiarkan aliran darah dan adrenalin berlalu.

Udah, terima aja gapapa Diazens. Mungkin memang itulah cara Tuhan supaya kalau misal kita digombali, gebetan jadi langsung tahu reaksi kita. Semakin merah wajahmu, semakin membara cintanya hihi.

Join Diadona.id