Kenapa sih Katarak Lebih Sering Terjadi pada Lansia?

Health | Senin, 12 Juli 2021 12:20

Reporter : Bagus Prakoso

Ternyata ini alasan katarak selalu diidap lansia.

Katarak merupakan penyakit mata yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan berawan. Katarak bisa menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Salah satu cara mengobatinya adalah dengan cara operasi.

Katarak sejatinya memang kerap ditemui pada masyarakat yang sudah lanjut usia. Sebenarnya, apa sih penyebab katarak? Dan apakah katarak memang selalu menyerang orang-orang yang lanjut usia? Yuk kita cari tahu jawabannya!

Kenapa sih Katarak Lebih Sering Terjadi pada Lansia?
2 dari 6 halaman

Penyebab Katarak

Sebenarnya, apa sih penyebab katarak itu? Melansir dari halodoc, penyebab Katarak yang paling umnum adalah akibat dari proses penuaan. Selain itu, katarak diakibatkan oleh trauma yang menyebabkan perubahan pada jaringan mata.

Lensa mata sebagian besar terdiri dari air dan protein. Namun, seiring bertambahnya usia, lensa menjadi semakin tebal dan tidak fleksibel. Perubahan karena pertambahan usia ini akan memecah jaringan di antara lensa yang kemudian membentuk daerah berawan di antara lapisan lensa.

Jadi, bisa dikatakan jika katarak merupakan lensa mata yang mengalami pengkabutan. Karena lensa terletak di bagian warna mata atau iris, katark akan menggangu cahaya masuk yang kemudian menghambat bayangan yang tajam dan jelas mencapai retina, sehingga penglihatan menjadi kabur.

3 dari 6 halaman

Faktor Risiko Katarak

Beberapa hal yang telah dijabarkan sebelumnya mengindikasikan jika katarak memang terjadi saat seseorang sudah mengalami penuaan. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor risiko yang diduga bisa meningkatkan risiko katarak. Apa saja itu?

1. Penuaan merupakan penyebab tersering dari kekeruhan lensa atau katarak.

2. Riwayat keluarga yang mengidap katarak.

3. Pengidap penyakit tertentu. Pengidap diabetis melitus, hipertensi, hipokalemia, dan dermatitis atopik, bisa menimbulkan katarak di kemudian hari.

4. Riwayat Trauma. Lensa mata yang pernah mengalami trauma seperti adanya serpihan benta tajam ke mata, terbentur, luka bakar atau sebagainya bisa membuat katarak timbul lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi KatarakIlustrasi Katarak © shutterstock.com/sruilk

5. Infeksi saat kehamilan. Jika ibu hamil mengidap infeksi, khususnya rubella, bisa menjadi penyebab utama terjadinya katarak kongenital pada anak yang dilahirkan.

6. Merokok dan konsumsi alkohol.

7. Konsumsi obat-obatan jangka panjang seperti obat kortikosteroid dan amiodaron.

8. Riwaya operasi mata

9. Papapran toksin atau racun.

5 dari 6 halaman

Katarak juga Bisa Melanda Kelompok Usia 40 ke Atas

Ilustrasi KatarakIlustrasi Katarak © shutterstock.com/9nong

Umumnya, Katarak akan sering diidap kelompok usia 60 tahun ke atas. Namun, seiring berkembangnya zaman, di negara ini, Katarak juga bisa melanda kelompok usia 40 tahun ke atas juga, loh. Kenapa bisa gitu?

Ternyata, penyebab dari katarak ini juga bisa disebabkan oleh paparan sinar ultra violet yang terlalu sering. Sinar inilah yang akan memengaruhi daya tangkap mata. Apalagi di iklim negara tropis yang mana sinar UV dari matahari lebih banyak.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Katarak

Dari beberapa keterangan di atas, Katarak paling banyak memang disebabkan karena faktor penuaan. Oleh karena itu, katarak bisa dicegah dengan berbagai macam cara di usia dini. Gimana caranya? Melansir dari hello sehat, berikut ulasannya!

1. Pakai kacamata hitam saat cuaca terik

2. Berhenti merokok dan minum alkohol.

3. Batasi asupan karbohidrat. Sebuah studi yang diterbitkan Investigative Ophthalmology & Visual Science, menemukan bawha orang yang makan banyak karbohidrat punya risiko katarak tiga kali lebih besar.

4. Minum Teh Hijau. Studi di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan teh hijau dan hitam bisa menghambat perkembangan katarak.

5. Perbanyak asupan vitamin C.

6. Konsumsi sayuran

7. Periksa mata secara rutin.

Join Diadona.id