Kenapa Ya Lidah Jadi Terasa Pahit Saat Sakit?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 22 September 2021 19:03
Kenapa Ya Lidah Jadi Terasa Pahit Saat Sakit?
Begini lho penjelasannya

Saat sedang sakit, berbagai hal akan terasa tak seperti biasnya. Salah satunya adalah makanan yang terasa hambar dan pahit di mulut. Hal ini mengakibatkan nafsu makan jadi menurun. Padahal tubuh memerlukanlebih banyak asupan nutrisi kektika sakit, namun tak jarang kondisi lidah yang terasa pahit mengganggu hal ini. Sebenarnya kenapa ya?

Menurut penelitian yang diterbitkan brain, Behaviour and Immunity pada tahun 2015 lalu menunjukkan jika indera pengecap akan jadi lebih peka terhadap rasa pahit saat sakit.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Lidah © Diadona

Ketika tubuh sedang sakit, umumnya akan terjadi peradangan atau infeksi. Baik itu berupa infeksi seperti virus influenza, infeksi bakteri streptokokus penyebab radang tenggorokan, atau lainnya,

Ketika tubuh mengalami hal ini, maka kadar protein tubuh akan meningkat. Jenis protein ini dalam medis disebut TNF-α (Tumor Necrosis Factor-α).

2 dari 6 halaman

Ilustrasi lidah © Diadona

Meningkatnya kadar protein TNF-α menyebabkan adanya gangguan pada indra pengecap. Protein ini akan mengaktifkan sel-sel tertentu yang bertanggung jawab untuk mengecap rasa pahit. Karena ini lah, makan atau minum apapun akan terasa pahit.

Untuk lepas dari kondisi tak mengenakkan itu, ada beberapa cara yang bisa Sahabat NOVA lakukan. Dikutip dari Kompas.com, berikut ini 4 cara menghilangkan rasa pahit di lidah saat sakit.

3 dari 6 halaman

Konsumsi makanan kaya nutrisi

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Daging merah, kopi, teh, atau makanan pedas bisa meninggalkan rasa pahit di mulut. Lebih baik konsumsi makanan kaya nutrisi seperti telur, ikan, susu, buah, dan sayuran.

Kita juga bisa mengonsumsi makanan kaya rempah untuk melatih indra perasa kita.

4 dari 6 halaman

Jaga kebersihan mulut

Lidah pahit juga bisa diatasi dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Caranya, pastikan kita selalu menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan sela-sela gigi, membersihkan lidah, dan menggunakna obat kumur.

5 dari 6 halaman

Cegah mulut kering

Ilustrasi Bibir Kering © Diadona

Kita juga bisa menghilangkan rasa pahit denga minum banyak air putih dan cairan lain. Selain itu, kita juga bisa mengunyah permen karet bebas gula agar air liur bisa keluar dari mulut.

Intinya, kita harus memastikan mulut tidak kering.

6 dari 6 halaman

Konsumsi makanan tinggi zinc

Terakhir, kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zinc tinggi. Beberapa makanan tinggi zinc di antaranya kerang, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, gandum utuh, dan cokelat hitam.

Terakhir, pastikan makanan yang dikonsumsi mencukupi nutrisi ya agar kondisi tubuh segera membaik. Keep Healthy!

Beri Komentar