Kenapa Ya Suka Tiba-tiba Mimisan saat Sedang Stres?

Health | Rabu, 1 September 2021 06:57

Reporter : Mila Ismiranda

Kok bisa sih?

Mimisan atau yang bahasa medisnya disebut epistaksis terjadi saat pembuluh darah di bagian depan maupun belakang hidung rusak atau pecah.

Penyebab mimisan itu sendiri ada banyak. Mulai dari udara kering, mengupil terlalu keras, atau bahkan cedera hidung. Tapi selain itu, yang paling sering tidak disadari adalah mimisan karena stres.

Kenapa Ya Suka Tiba-tiba Mimisan saat Sedang Stres?
2 dari 5 halaman

Mimisan karena Stres

Menurut sebuah organisasi sosial nonprofit di Amerika Serikat, Anxiey and Depression Association of America, melaporkan bahwa mimisan juga bisa terjadi saat stres dan kecemasan kronis.

Bahkan, orang-orang dengan stres dan cemas berlebihan lebih berisiko mengalami mimisan kronis yang sifatnya kambuhan.

3 dari 5 halaman

Sakit kepala yang muncul saat stres bisa menyebabkan mimisan. Kalau kamu punya kebiasaan tanpa sadar mengorek hidung ketika stres, hal ini juga bisa menyebabkan mimisan.

Selain itu kondisi hamil, berpergian di ketinggian, olahraga ekstrim, atau trauma fisik bisa menimbulkan stres atau kecemasan, serta mimisan. Obat-obatan yang kamu minum seperti pengencer darah, bisa meningkatkan risiko mengalami mimisan.

4 dari 5 halaman

Mengatasi Mimisan saat Stres

Meski biasanya bukan kondisi berbahaya, mimisan tetap harus ditangani dengan cara yang tepat. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah:

  • Duduk tegak dan condongkan tubuh ke depan
  • Cubit cuping hidung menggunakan ibu jari dan jari telunjuk dan tahan selama 10-15 menit. Selama melakukan teknik ini, kamu bisa mencoba bernapas melalui mulut.
5 dari 5 halaman

Lebih lanjut, berikut ini cara meredakan mimisan karena stres:

  • Kalau kamu berada di tempat ramai, segera menepi ke tempat yang sepi dan jauh dari hiruk pikuk.
  • Berusahalah untuk tenangkan pikiran dan emosi.
  • Lakukan teknik pernapasan dalam, seperti ambil napas dalam-dalam lalu embuskan secara perlahan lewat mulut.
  • Kalau memungkinkan, lakukan kompres dingin pada hidung untuk menghentikan perdarahan. (Caranya mudah. Bungkus es batu dengan kain atau handuk bersih. Kemudian, tempelkan ke hidung. Lakukan cara ini beberapa kali.)
  • Setelah aliran darah di hidung melambat, segera minum banyak air putih.

Selain itu, penting untuk kamu menghindari segala hal yang memicu stres. Bagi beberapa orang, melakukan meditasi atau yoga efektif membuat pikiran dan badan lebih rileks sehingga lebih jarang stres.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Join Diadona.id