Kepala Kena Bantal Langsung Tidur, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 28 Juni 2021 06:27
Kepala Kena Bantal Langsung Tidur, Kenapa Ya?
Hayo, siapa yang kayak gini juga~

Kalian pasti pernah kan, kenal dengan seseorang yang bisa tidur dengan mudahnya? Contohnya aja ketika seseorang baru aja kena bantal nih kepalanya, eh langsung bisa tidur pulas. Padahal kalian kalau tidur harus nunggu beberapa menit dulu, atau bahkan sampai agak lama.

Kira-kira, kenapa ya orang itu bisa tidur gampang banget, padahal baru nyentuh bantal?

 

1 dari 4 halaman

Gangguan Tidur Hipersomnia

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Dr. Andreas Prasadja, seorang spesialis kesehatan tidur, menjelaskan bahwa keadaan orang gampang banget tidur padahal baru kena bantal, contohnya, adalah karena hipersomnia.

" Hipersomnia bisa tidur dalam keadaan apa saja. Dalam kondisi tidak nyaman pun, dia bisa tidur. Bahkan dalam kondisi yang seharusnya tidak bisa tidur, dia malah tertidur," ucap Dr. Andreas.

2 dari 4 halaman

Pengertian Hipersomnia

Menyinggung hipersomnia, penjelasan sederhana dari hipersomnia melansir dari aladokter.com adalah kondisi seseorang merasa kelelahan dan terus ingin tidur meskipun sudah tidur dalam waktu cukup lama. Hipersomnia sekilas mirip dengan narkolepsi, yaitu serang tidur tiba-tiba. Namun bedanya orang dengan hipersomnia sebenarnya bisa menahan kantuknya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hipersomnia. Hal yang paling utama karena tidak tidur cukup pada malam hari. Juga bisa karena pola hidup tidak sehat, obesitas, depresi, bahkan karena ganguan tidur lain seperti narkolepsi atau sleep apnea. Tak hanya itu, keturunan juga bisa menyebabkan hipersomnia.

 

3 dari 4 halaman

Waktu Seseorang agar Bisa Tertidur

Ilustrasi Wanita Tidur © Diadona

Jadi, bisa disimpulkan bahwa orang yang baru kena bantal langsung itu mempunyai gangguan tidur. Dr. Andreas pun menambahkan bahwa jarak tidur seseorang sejak ia mulai meletakkan kepalanya adalah 10-20 menit.

" Tidur itu yang normal, sejak meletakkan kepala sampai tertidur, adalah 10-20 menit. Itu normalnya," ucap Dr. Andreas.

 

Beri Komentar