Keramas ketika Haid Bisa Bikin Kanker Rahim, Mitos atau Fakta?

Health | Selasa, 7 Desember 2021 13:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Banyak orangtua turun-temurun memberikan petuah demikian untuk anak perampuannya yang sedang haid.

Banyak kabar dan petuah-petuah yang diberikan kepada anak-anak perempuannya mengenai haid. Salah satunya adalah larangan untuk keramas saat haid datang. Katanya, hal tersebut bisa menyebabkan kanker rahim. Namun, apakah benar demikian?

 

Keramas ketika Haid Bisa Bikin Kanker Rahim, Mitos atau Fakta?
2 dari 5 halaman

Ilustrasi KeramasIlustrasi Keramas © floem

Ternyata melansir dari Hellosehat.com, tak ada hubungannya keramas dengan haid, apalagi kanker rahim. Kanker rahim bisa disebabkan oleh siklus menstruasi yang bermasalah, namun umumnya karena rahim terpapar hormon estrogen terlalu lama.

 

3 dari 5 halaman

Sementara itu, ada 3 penyebab kenapa paparan hormon estrogen terlalu lama. Pertama karena haid di bawah 12 tahun lebih cepat, menopause di atas 50 tahun terlambat, dan juga tidak/belum pernah hamil.

Sementara itu, keramas tak ada hubungannya sama sekali dengan ketiga hal tersebut. Tak ada kaitannya dengan produksi hormon estrogen dan juga ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Jadi, jangan lagi percaya, ya!

 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi KeramasIlustrasi Keramas © shutterstock.com/id/g/Torwai Seubsri

Hormon tubuh itu produksinya dipengaruhi oleh kelenjar endokrin, tersebar di beberapa bagian anggota tubuh. Beberapa kondisi medis dan non-medis bisa memengaruhi kelenjar endkrin, tapi keramas tidak termasuk.

 

Join Diadona.id