Kerja di Rumah Aja Malah Bikin Kaki Sakit, Kenapa Ya?

Health | Kamis, 11 Maret 2021 08:27
Kerja di Rumah Aja Malah Bikin Kaki Sakit, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Ada yang ngerasa demikian?

Pandemi membuat sebagian besar orang harus bekerja di rumah. Kebanyakan dari mereka sih senang banget bisa bekerja tanpa beranjak dari rumah. Nggak perlu rapih-rapih, pakaian seadaanya pun juga sudah bisa bekerja asalkan sudah siap.

Namun, beberapa masalah kesehatan ketika bekerja di rumah justru timbul. Kebanyakan berupa sakit punggung dan leher. Namun, ternyata bekerja di rumah juga bisa bikin kaki sakit untuk sebagian orang lho!

Bahkan melansir dari Channel News Asia via Merdeka.com, sejak April 2020 dr. Victor Seah dari Mount Elizabeth Novena Hospital di Singapura, mengatakan bahwa terdapat peningkatan 2-3 kali lipat terhadap sakitnya persendian kaki, yang disebut sebagai plantar fasciitis.

 

2 dari 4 halaman

Plantar Fasciitis

 Ilustrasi Kaki SakitIlustrasi Kaki Sakit © Shutterstock

Plantar Fasciitis merupakan peradangan yang terjadi terhadap plantar fascia, yaitu jaringan tebal yang tugasnya menghubungkan tumit dengan kaki. Jadi, jaringan ini menahan persendian dari getaran dan guncangan yang muncul. Sehingga ketika terlalu banyak tekanan, maka bisa menimbulkan cedera atau peradangan.

PUnya plantar fasciitis setelah bekerja di rumah aja? Kemungkinan hal tersebut disebabkan karena kebiasaan baru, yaitu berjalan dengan kaki telanjang sepanjang waktu karena ya di rumah aja. Namun melansir dari aladokter, penyebabnya bisa bermacam-macam. Bisa karena usia, jenis kelamin, obesitas, dan lain sebagainya.

Dr. Serah menyarankan, sebaiknya tetap menggunakan alas kaki meksipun di rumah, terutama bagi mereka yang sudah mempunyai fasciitis.

" Faktanya, sebagian besar spesialis menyarankan bagi mereka yang memiliki plantar fasciitis untuk menghindari bertelanjang kaki dalam waktu lama terutama pada permukaan yang keras seperti lantai kayu atau beton," jelas dr. Seah.

 

3 dari 4 halaman

Alasan kenapa alas kaki penting karena benda tersebut memberikan penopang pada kaki terutama di area persendian. Terutama yang mempunyai kaki datar, sebab persendian dan ligamen kaki lebih sering terjadi perenggangan.

" Alas kaki memberi tambahan penopang bagi kaki terutama pada persendian. Bagi seseorang dengan kaki datar yang persendian kaki yang rendah, mungkin lebih terjadi peregangan pada persendian dan ligamen kaki ketika berjalan telanjang kaki," sambungnya.

Jadi, ternyata memang berjalan kaki dengan kaki telanjang itu memberikan beban dan ketenganan lebih pada kaki. Sedangkan bekerja di rumah bisa membuat seseorang menghabiskan sepanjang waktu mereka berjalan kaki tanpa alas kaki. Struktur kaki pun berubah, sehingga bisa sakit nantinya.

 

Join Diadona.id