Kerja Seharian di Depan Laptop Bikin Mata Cepat Lelah, Ini 5 Tips Mengatasinya

Health | Jumat, 3 Desember 2021 18:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Kamu sering ngalamin gini jug nggak?

Banyak di depan laptop atau komputer menjadi pekerjaan insan muda di zaman digital seperti sekarang. Terlalu sering melihat layar komputer atau layar elektronik akan membuat mata kamu bekerja lebih keras. Akibatnya, fungsi penglihatan bisa semakin menurun sampai akhirnya mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata bagi para pengguna komputer sangat penting agar kegiatan harian kamu tak terhalang.

Seperti yang dilansir Hello Sehat dari Harvard Health, layar komputer dan layar digital lainnya dapat menyebabkan dua hal, yaitu mata kering akibat jarang berkedip dan mata terasa lelah.

Supaya hal ini tidak terjadi pada kamu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata, terutama bagi para pengguna komputer. Berikut tipsnya:

Kerja Seharian di Depan Laptop Bikin Mata Cepat Lelah, Ini 5 Tips Mengatasinya
2 dari 7 halaman

Menggunakan kacamata anti-radiasi

Ilustrasi Kacamata Anti RadiasiIlustrasi Kacamata Anti Radiasi © Shutterstock.com

Menurut American Optometric Association, para pengguna komputer disarankan memakai kacamata anti-radiasi yang dibuat khusus untuk melihat layar komputer. Hal ini dikarenakan cahaya dari layar mengandung radiasi yang dapat mengganggu indra penglihatan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah menggunakan kacamata, coba periksa kembali apakah kacamata kamu telah memiliki fitur anti-radiasi. Bagi yang tidak menggunakan kacamata untuk kegiatan sehari-hari, kamu bisa memakainya hanya ketika beraktivitas di depan komputer.

3 dari 7 halaman

Mengubah posisi tubuh dan komputer

Ilustrasi BekerjaIlustrasi Bekerja © 2021 https://www.unsplash.com/Campaign Creators

Selain kacamata anti-radiasi, para pengguna komputer juga dapat menjaga kesehatan mata mereka dengan mengubah posisi tubuh saat berhadapan dengan komputer. Posisi layar komputer sebenarnya direkomendasikan harus 15-20° di bawah mata, yaitu sekitar 10-13 cm yang diukur dari tengah layar dan 50-70 cm dari mata.

Posisi duduk pun harus senyaman mungkin dengan mengatur tinggi kursi agar kamu bisa menjejakkan kaki di lantai. Selain itu, mengubah posisi lengan kursi agar kamu tidak menyentuh keyboard ketika mengetik.

4 dari 7 halaman

Istirahatkan mata sebentar

Mengistirahatkan mata selama 15 menit setelah menatap layar komputer lebih dari dua jam tanpa istirahat. Setiap 20 menit sekali, usahakan untuk menatap ke arah selain layar selama 20 detik agar mata kamu berganti fokus.

Jangan lupa untuk sering berkedip untuk menjaga permukaan bola mata tetap lembap.

5 dari 7 halaman

Konsumsi makanan sehat

Supaya mata kamu tetap sehat meskipun sering menggunakan komputer, biasakan mengonsumsi makanan yang sehat. Menurut American Academy of Ophthalmology, terdapat empat jenis makanan yang bisa membantu menjaga mata tetap sehat, yaitu:

Sayuran berdaun hijau, Buah-buahan citrus, seperti jeruk dan lemon. Atau bisa juga dengan kacangan-kacangan dan ikan.

6 dari 7 halaman

Rutin periksa ke dokter

Ilustrasi Periksa MataIlustrasi Periksa Mata © Shutterstock.com

Tidak hanya memperhatikan asupan makan dan posisi tubuh, kamu pun dianjurkan untuk rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter. Mungkin kamu merasa mata kamu baik-baik saja karena gejala yang terlihat belum terlalu mengganggu.

Akan tetapi, bisa saja tanpa kamu sadari mata kamu mulai rusak. Oleh karena itu, disarankan bagi para pengguna komputer untuk rutin memeriksakan diri demi menjaga kesehatan mata mereka. Hal ini bertujuan agar komplikasi dan penyakit mata lainnya dapat dicegah karena terlalu sering menghadap layar komputer dan digital lainnya.

Join Diadona.id