Lidah Berwarna Jadi Putih? Ketahui Penyebabnya Ini

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 29 Januari 2020 14:05
Lidah Berwarna Jadi Putih? Ketahui Penyebabnya Ini
Ketahui gejala apa yang membarengi memutihnya permukaan lidahmu.

Warna permukaan lidah yang berubah jadi keputihan mungkin membuatmu merasa khawatir, apa yang terjadi dengan lidahmu. Namun tidak perlu terlalu khawatir, kondisi ini biasanya bukanlah sesuatu yang berbahaya. Namun kamu tetap harus waspada, karena beberapa penyakit seperti infeksi kanker dini memiliki gejala serupa.

Lidah yang memutih dapat berkaitan dengan kebersihan mulut. Lidah berubah jadi memutih ketika benjolan kecil (papile) yang melapisi lidah, membengkak dan mengalami peradangan. Sehingga bakteri, jamut, kotoran, makanan dan sel-sel mati semuanya dapat terperangkap diantara papila yang membesar tersebut. Nah, puing-puing yang terkumpul inilah yang membuat lidahmu memutih.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari healthline.com (19/05), berikut ini adalah faktor-faktor ringan yang dapat membuat lidah memutih:

Ilustrasi Wanita Sakit Gigi © Diadona

1. Menyikat gigi yang salah
2. Mulut kering
3. Bernapas melalui mulut
4. Dehidrasi
5. Banyak memakan makanan lunak
6. Iritasi(Dapat akibat gigi yang berlubang)
7. Demam
8. Merokok atau mengunyah tembakau
9. Alkohol

2 dari 3 halaman

Ilustrasi wanita sakit tenggorokan © Diadona

Kamu dapat segera memeriksakan lidahmu jika kamu mengalami gejala seperti lidah terasa sakit atau rasanya seperti terbakar, terdapat luka terbuka di mulut, kesulitan mengunyah, menelan, atau berbicara. Atau jika memiliki gejala lain, seperti demam, penurunan berat badan, atau ruam kulit.

Jika lidah putihmu tidak dibarengi dengan gejala-gejala lainnya, maka kamu tidak perlu menemui dokter. Namun jika ternyata jika lidahmu tetap memutih hingga 2 minggu, maka kamu perlu segera mengunjungi dokter.

3 dari 3 halaman

Beri Komentar