Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal!

Reporter : Wuri Anggarini
Minggu, 1 November 2020 20:00
Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal!
Yuk, kenali gejala-gejala beberapa penyakit kulit yang harus diwaspadai.

Kalau ditanya soal organ tubuh yang penting, kebanyakan orang akan menyebutkan jantung, paru-paru hingga panca indera. Tapi tak sedikit yang melupakan kulit sebagai organ terbesar di seluruh tubuh. Sebagai lapisan terluar dari tubuh, kulit jadi benteng pertama dari serangan virus, bakteri, zat kimia maupun polusi yang berujung memicu macam-macam penyakit kulit yang berbahaya.

Sering diawali dengan gatal-gatal, kondisi kesehatan kulit bisa berubah serius, bahkan berisiko mengancam nyawa. Yuk, kenali gejala-gejala beberapa penyakit kulit yang harus diwaspadai.

1 dari 8 halaman

Cold Sore atau Herpes Simplex Virus

Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal! © Diadona

Berawal dari gatal yang kemudian berubah melepuh dan terasa sakit di bagian mulut, bibir maupun area kulit lainnya, ini disebabkan oleh virus herpes simplex. Umumnya, salah satu dari macam-macam penyakit kulit yang berbahaya ini lebih banyak menyerang anak-anak dan dapat sembuh dengan sendirinya antara dua hingga tiga minggu.

Selain menderita kulit yang melepuh dan nyeri, herpes simplex ini juga sering dibarengi gejala mirip flu seperti pusing dan mual. Sangat mudah menular, pada kasus yang parah dapat menyebabkan kesulitan menelan dan pembengkakak kalenjar getah bening di beberapa bagian tubuh. Bahkan, dapat memicu komplikasi yang menyebar ke seluruh tubuh sehingga dapat memicu radang otak, memengaruhi saraf pendengaran, hingga herpes okular pada mata.

2 dari 8 halaman

Psoriasis

Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal! © Diadona

Salah satu dari macam-macam penyakit kulit yang berbahaya ini dipicu oleh terlalu aktifnya sistem kekebalan tubuh yang bikin sel berkembang biak 10 kali lebih cepat. Bagian kulit yang mengalami psoriasis ini awalnya akan terasa gatal lalu berkembang menjadi nyeri, muncul bercak merah pada kulit, mengelupas, meradang hingga muncuk kerak atau sisik berwarna keperakan dengan sensasi panas seperti terbakar.

Bisa menyerang lutut, siku, tangan, dada, telapak tangan dan kaki, hingga kulit kepala, prosiasis sendiri seringkali ditandai ruam yang kecil dan nggak sakit. Tapi pada kasus yang parah, kulit dapat meradang dan sangat gatal. Sayangnya, penyakit kulit ini belum bisa disembuhkan bahkan bersifat kambuhan terutama jika penderita mengalami stres, terpapar sinar matahari cukup lama, atau memiliki kebiasaan merokok.

3 dari 8 halaman

Selulitis

Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal! © Diadona

Berbeda dengan selulit, selulitis merupakan satu dari macam-macam penyakit kulit yang berbahaya karena dapat memicu komplikasi dan mengancam nyawa. Nggak menular, selulitis bisa menyerang siapa saja, mulai anak-anak hingga lansia. Berawal dari cedera terbuka pada kulit dan kurang menjaga kebersihannya, bakteri pun bisa berkembang dan memicu infeksi.

Diawali kulit yang kemerahan, bengkak dan terasa sakit saat ditekan, selulitis paling sering dialami ditungkai bawah dan dapat menyebar dalam tubuh melalui kalenjar getah bening dan pembuluh darah. Jika dibiarkan tanpa segera diobati, selulitis dapat memicu infeksi pada darah dan tulang, sepsis yang dapat merusak organ dalam tubuh, bahkan kematian.

4 dari 8 halaman

Rosacea

Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal! © Diadona

Kulit wajah tergolong rentan masalah karena teksturnya yang lebih tipis ketimbang kulit tubuh lainnya. selain jerawat atau kerutan yang dapat mempengaruhi penampilanmu, rosacea juga dapat menyerang perempuan terutama yang berusia 30 hingga 50 tahun. Faktornya pun beragam mulai dari riwayat keluarga, masalah pada pembuluh darah hingga terkena bakteri.

Rosacea termasuk satu dari macam-macam penyakit kulit yang berbahaya karena pembuluh darah di wajah bisa pecah dan kulit jadi kemerahan atau bengkak secara permanen. Waspadai gejalanya seperti kemerahan yang terjadi di pipi, hidung, dagu dan dahi, permukaan kulit terasa kering, gatal dan panas seperti terbakar. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5 dari 8 halaman

Necrotising fasciitis

Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal! © Diadona

Menurut situs Thecomversation.com, sekitar seperempat orang yang mengalami necrotising fasciitis akan meninggal, kebanyakan dipicu oleh sepsis. Fakta ini menempatkan infeksi parah ini sebagai satu dari macam-macam penyakit kulit yang berbahaya. Infeksinya cepat menyebar dan harus segera diobati dengan antibiotic atau pembedahan untuk mencegah kegagalan organ.

Necrotising fasciitis dapat terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh masuknya bakteri Streptokokus lewat cedera terbuka atau organ dalam tubuh yang tertusuk. Waspadai gejalanya, misalnya terasa nyeri, merah dan bengkak. Gejala lainnya termasuk demam, nyeri hebat, tekanan darah rendah dan terjadi syok. Dengan cepat area kulit tersebut tampak melepuh, berbau, dan menghitam, tanda kematian jaringan.

6 dari 8 halaman

Hemangioma

Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal! © Diadona

Sejenis dengan tumor pembuluh darah, hemangioma ini bisa bikin kulit tangan, kaki, kulit kepala, punggung, dada dan wajah tampak biru atau ungu. Hemangioma sendiri biasanya muncul beberapa bulan setelah kelahiran bayi yang ditandai benjolan warna merah pada kulit kepala, punggung, dada maupun wajah.

Bisa menghilang seiring pertambahan usia, hemangioma atau tumor jinak ini bisa berubah jadi satu dari macam-macam penyakit kulit yang berbahaya jika terjadi komplikasi. Mulai dari perdarahan, ulkus atau rentan terluka, hingga gangguan penglihatan. Sayangnya, hingga kini penyebabnya belum diketahui dan hanya menduga faktor genetik, kelahiran prematir dan bayi perempuan lebih rentan terkena hemangioma.

7 dari 8 halaman

Scalded Skin Syndrome

Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal! © Diadona

Disebut juga sindrom kulit melepuh ini merupakan satu dari macam-macam penyakit kulit yang berbahaya dan dipicu oleh infeksi bakteri. Dapat menyerang bayi yang baru lahir, anak kecil dan orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah atau gagal ginjal, infeksi ini dipicu oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Sebenarnya, Sekitar 15-40% orang dewasa membawa Staphylococcus aureus di permukaan kulitnya. Sayangnya, anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah berisiko lebih tinggi mengalami scalded skin syndrome yang ditandai dengan ruam merah, melepuh mirip luka bakar, demam dan nyeri.

Dalam 24-48 jam, kulit yang melepuh tersebut akan berisi cairan dan jika pecah akan meninggalkan area kulit yang terbuka dan rentan mengalami infeksi. Oleh karena itu, anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan ini wajib mendapatkan perawatan intensif untuk menurunkan risiko terjadinya sepsis yang parah.

Sepsis terjadi ketika bahan kimia yang dilepaskan ke aliran darah untuk melawan infeksi memicu respons peradangan di seluruh tubuh dan dapat mengancam jiwa. Untungnya, perawatan yang tepat akan membantu anak-anak sembuh dalam waktu satu minggu.

8 dari 8 halaman

Melanoma

Macam Penyakit Kulit yang Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Berawal dari Gatal! © Diadona

Melanoma melengkapi daftar macam-macam penyakit kulit yang berbahaya. paparan sinar matahari dituding jadi penyebab utama salah satu jenis kanker kulit ini. bisa berkembang di kulit mana pun, terutama yang sering terpapar sinar matahari seperti punggung, kaki, lengan hingga wajah. Butuh ketelitian untuk melihat gejala awal dari Melanoma seperti perubahan pada tahu lalat atau kondisi pada kulit.

Apapun macam-macam penyakit kulit yang berbahaya dan berisiko mengganggu kesehatan, waspadai adanya perubahan pada kulit baik dalam bentuk gatal, munculnya ruam, hingga pembengkakan. Segera periksakan diri ke dokter dan dapatkan penangan yang tepat untuk segala kondisi kulitmu saat ini.

Beri Komentar