Makan Mie Instan Campur Nasi Bisa Bahaya Buat Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 24 Februari 2021 15:27
Makan Mie Instan Campur Nasi Bisa Bahaya Buat Kesehatan lho!
Siapa nih yang suka makan mie instan campur nasi?

Mie instan memang makanan idola sejuta umat. Mie Instan bisa menjadi penyelamat perut kelaparan di malam hari. Bisa juga menjadi cemilan sedap ketika sedang nonton serial TV.

Namun, ternyata ada juga orang yang menyantap Mie Instan dijadikan sebagai lauk dengan memakai nasi. Masalahnya, melansir dari Hellosehat, makan mie instan pakai nasi bisa memicu sejumlah masalah kesehatan lho!

 

1 dari 6 halaman

Karbohidrat Berlebihan

Ilustrasi Wanita Kaget © Diadona

Salah satu kandungan yang dimiliki mie instan adalah karbohidrat yang tinggi. Di samping itu, nasi pun kandungannya karbohidrat. Jika dimakan secara bersamaan, karbohidrat yang ada pada tubuh menjadi berlebihan. Nutrisi pada tubuh nantinya menjadi tidak seimbang, sehingga bisa memicu beberapa masalah kesehatan.

2 dari 6 halaman

Rusak Hati

Ketika tubuh memiliki karbohidrat yang berlebihan, tubuh akan mengubah karbohidrat menjadi zat lain. Salah satunya adalah merubahnya menjadi lemak. Pemrosesan lemak akan dipindahkan ke hati sebagai sistem pendukung pencernaan. Memang lemak bisa bermanfaat untuk tubuh, tapi jika itu lemak baik. Jika lemak jahat, bisa-bisa menumpuk di liver dan merusak hati.

 

3 dari 6 halaman

Tingkatkan Hormon Insulin

Ilustrasi Wanita Kaget © Diadona

Salah satu akibat jika ketika tubuh mempunyai karbohidrat berlebihan adalah meningkatnya hormon insulin. Sebab, karbohidrat berlebihan tersebut akan dicerna menjadi gula. Hormon insulin memang berperan untuk menciptakan energi. Namun jika berlebihan, bisa-bisa menyebabkan diabetes.

4 dari 6 halaman

Tingkatkan Tekanan Darah

Jika tidak ingin terkena tekanan darah, sebaiknya hindari makan mie, apalagi pakai nasi. Sebab kandungan sodium dalam mie instan bisa meningkatkan tekanan darah. Jika sudah punya penyakit ini, sudah seharusnya menghindarinya. Jika dilakukan terus-terusan, bisa-bisa terkena penyakit kardiovaskular.

5 dari 6 halaman

Perut Buncit

Ilustrasi perut buncit © Diadona

Siapa sih yang pengin perutnya buncit? Kalau nggak mau kejadian, sebaiknya segera hindari makan mie instan campur nasi. Sebab karbohidrat yang berlebihan bisa membuat lingkar perut membesar, sebab lemak jenuh menumpuk di perut. Ya paling parahnya bisa picu obesitas dan kelebihan berat badan.

 

6 dari 6 halaman

Nah guys, sebaiknya jangan lagi campur mie instan dengan nasi. Biar agak sehatan, kamu bisa mencampurnya dengan sayuran, daging, atau telur, semacam itu.

Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar