Makan Pagi Hari Lebih Cepat Kenyang, Ternyata Ini Penyebabnya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 17 September 2020 08:25
Makan Pagi Hari Lebih Cepat Kenyang, Ternyata Ini Penyebabnya
Pernah merasakan hal ini? Ternyata begini penyebabnya..

Sarapan pagi hari merupakan salah satu hal penting sebelum memulai hari. Namun banyak orang yang justru tak merasa laper dan kerap melewatkan waktu sarapan.

Namun, tak sedikit juga yang selalu menyempatkan untuk sarapan. Meski begitu, rasanya porsi yang dimakan untuk sarapan nampak berbeda dengan porsi yang dimakan untuk makan siang atau malam.

Pada saat makan pagi, perut rasanya tak begitu nafsu makan atau terasa lebih cepat kenyang. Sebenarnya kenapa ya?

1 dari 4 halaman

Metabolisme

Ilustrasi Wanita Sarapan © Diadona

Dilansir dari Elitedaily.com, ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi di pagi hari. Menurut pakar nutrisi Michelle Blum, Lisa Hayim, dan Bridget Bennett, metabolisme tubuh mengalami cara kerja yang sangat berbeda ketika tidur,


" Metabolisme bekerja seperti perapian. Jika kamu terus melempar kayu, maka apinya semakin besar. Jika kamu tidak memberi bahan bakar pada api, maka api bakal mati. Hal ini terjadi ketika kamu tidur dan merupakan hal yang wajar karena kita tidak membutuhkan banyak energi ketika tidur," terang Blum.

Hal ini menyebabkan ketika bangun di pagi hari maka metabolisme tubuh juga belum sepenuhnya terjaga. Nah justru dengan sarapan, hal ini dapat memulai metabolisme agar kembali seperti biasa.

2 dari 4 halaman

Makan Terlalu Banyak Sebelum Tidur

Ilustrasi Wanita Makan © Diadona


Makan yang berlebihan sebelum tidurjuga dapat menyebabkan menurunnya selera makan di pagi hari.
" Tubuhmu mungkin baru selesai mencerna sehingga rasa lapar belum akan muncul," ujar Lisa Hayim.

3 dari 4 halaman

Hormon

Ilustrasi Wanita Makan Yoghurt © Diadona

Hormon merupakan faktor penting yang mempengaruhi tubuh, salah satunya adalah rasa mual dan kurang selera makan,

" Tubuh mengeluarkan beberapa hormon berbeda saat bangun untuk membantu terjaga dan bergerak setelah istirahat semalaman. Selain memberi dorongan energi, hormon ini juga meningkatkan gula darah, yang penting dilakukan setelah 'berpuasa' semalaman. Lonjakan hormon ini mungkin merupakan penyebab mual yang muncul di pagi hari," terang nutrisionis Briget Bennet.

 

4 dari 4 halaman

" Perut kosong bisa memicu mual ketika melepaskan asam sebagai antisipasi untuk makan. Asam lambung ini mungkin menimbulkan rasa tak nyaman dan mual, sebagai tanda dari tubuh untuk memperoleh makanan agar asam bisa bekerja," sambungnya.

Meski malas untuk dilakukan, namun sarapan tetap penting lho. Jadi jika kamu hanya memakan sedikit buah atau makanan ringan lainnya, hal ini cukup untuk membuatmu siap memulai aktivitas.

Beri Komentar