Makan Pedas Jadi Penyebab Usus Buntu, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 27 November 2020 08:25
Makan Pedas Jadi Penyebab Usus Buntu, Mitos atau Fakta?
Suka banget makanan pedas? Begini lho faktanya..

Makan-makanan pedas adalah salah satu rasa yang banyak di sukai masyarakat Indonesia. Meski begitu, banyak yang memercayai jika mengonsumsi makanan yang terlalu pedas justru dapat menyebabkan usus buntuk

Sebenarnya usus buntu merupakan sebuah kantung kecil yang melekat di bagia organ usus besar. Biasanya dapat terjadi penyumbatan besar di area.

Jika tak segera ditangani, penyakit usus buntu dapat menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Tak peduli berapapun usianya, penyakit ini sama mengancamnya bagi jiwa seseorang.

1 dari 2 halaman

Sebabkan Usus Buntu

Ilustrasi Makan Makanan Pedas © Diadona

Nah, penyebab usus buntu sebenarnya bermacam-macam, mulai dari sepotong makanan yang menyangkut lalu menyebabkan infeksi hingga adanya lendir yang menebal di dinding usus.


Munculnya hal ini memang sering dikaitkan karena mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Padahal belum ada penelitian yang membuktikan hal ini lho.

Namun jika bagian usus buntuk sebelumnya telah bermasalah atau terinfeksi bakteri, mengonsumsi makanan pedas bukanlah solusi yang tepat. Karena kandungannya justru dapat menambah rasa nyeri yang ada pada perut.

2 dari 2 halaman

Gangguan Pencernaan

Ilustrasi Makanan Pedas Devil's Curry © Diadona

Makanan yang pedas umumnya menyebabkan rasa nyeri dan gangguan pada pencernaan. Namun umumnya kondisi ini tak memerlukan penanganan yang berlebih.

Rasa nyeri akan menghilang dengan sendirinya. Meski begitu, tentu saja perlu adanya kontrol diri agar tak mengonsumsi makanan pedas dengan berlebih ya.

Beri Komentar