Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga, Mana yang Lebih Tepat?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 21 September 2021 19:03
Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga, Mana yang Lebih Tepat?
Begini lho penjelasannya...

Perlukah makan sebelum atau sesudah olahraga merupakan sebuah perdebatan yang terus terjadi dalam waktu lama. Karena sejatinya, nutrisi dan olahraga merupakan dua faktor paling penting terhadap kesehatan tubuh. Keduanya pun dapat saling mempengaruhi satu sama lain.

Dengan nutrisi yang kita konsumis aat makan, maka tubuh akan akan menjadi kuat saat olarhaga. Nah, jadi sebaiknya makan sebelum atau sesudah olahraga ya?

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Makanan Sehat © Diadona

Mengonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu tubuh menjadi kuat saat berolahraga. Lalu, yang sering kali menjadi pertanyaan banyak orang adalah mengenai waktu makan yang tepat agar kuat saat berolahraga, apakah sebelum berolahraga atau sesudahnya.

Dikutip dari Healthline, sejumlah studi telah menunjukkan bahwa respons tubuh saat berolahraga dapat berbeda-beda, tergantung apakah kamu sudah atau belum makan sebelum berolahraga.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Olahraga Plank © Diadona

Berolahraga saat perut kosong dipercaya dapat lebih mudah membantu penurunan berat badan. Namun, makan sebelum berolahraga dapat memberikan tubuh lebih banyak energi untuk meningkatkan performa saat olahraga.

Jenis aktivitas dan olahraga yang dipilih dapat menentukan apakah kamu harus makan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Jika kamu berolahraga dengan intensitas rendah, seperti berjalan, golf, dan yoga, kamu mungkin tidak perlu makan sebelum olahraga.

3 dari 6 halaman

Namun, kamu harus selalu makan sebelum melakukan olahraga yang membutuhkan banyak tenaga, energi dan daya tahan, seperti saat kamu bermain tenis, lari, dan berenang. Apalagi, jika kamu berencana untuk melakukannya lebih dari satu jam.

 

4 dari 6 halaman

ilustrasi olahraga renang © Diadona

Saat melakukan olahraga berat, penting bagi kamu untuk menjaga tingkat gula darah agar tetap berstamina dengan makan terlebih dahulu. Selain itu, makan sebelum olahraga juga dapat membantu menghindari penggunaan energi yang tersimpan dalam otot, sehingga kamu juga bisa sekaligus membentuk otot.

5 dari 6 halaman

Waktu makan sebelum berolahraga juga penting. Agar hasil olahraga lebih maksimal, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak 2-3 jam sebelum memulai olahraga.

Namun, apabila kamu makan 45-60 menit sebelum berolahraga, maka kamu disarankan untuk memilih jenis makanan sederhana yang mudah dicerna dan mengandung tinggi karbohidrat serta protein. Hal ini akan mencegah terjadinya rasa tidak nyaman pada perut selama berolahraga.

Beri Komentar