Makan Telur Setengah Matang Bahaya Nggak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 19 Februari 2021 15:27
Makan Telur Setengah Matang Bahaya Nggak Sih?
Siapa nih yang suka makan telur setengah matang. Nah, udah tahu belum apakah telur setengah matang itu bahaya atau aman saja buat kesehatan?

Telur merupakan makanan pilihan banyak orang untuk disantap dalam keseharian. Selain rasanya yang enak dan gurih, telur juga punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun, tentu cara penyajian telur ini berbeda-beda untuk setiap orang. Seperti contohnya aja, masih banyak orang yang menyajikan telur dalam kondisi setengah matang.

Memang, rasanya khas dan enak banget. Namun apakah aman untuk dikonsumsi jika tidak dalam kondisi matang sempurna?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Telur Setengah Matang © Diadona

Ternyata, melansir dari ALODOKTER, makan telur setengah matang bisa jadi berbahaya buat kesehatan. Sebab, telur setengah matang kemungkinan besar masih mempunyai kandungan bakteri berbahaya yang bernama Salmonella. Orang-orang yang paling berbahaya terhadap Salonella ini adalah ibu hamil, bayi, anak-anak, lansia, dan mereka yang punya sistem imun lemah.

 

2 dari 3 halaman

Ketika seseorang sudah terinfeksi bakteri Salmonella, beberapa gejala pun bisa timbul, yaitu mual muntal, sakit perut, demam tinggi, diare, sakit kepala, bahkan sampai ada darah pada tinja. Gejala-gejala tersebut biasanya terjadi selama 4-7 hari, bahkan bisa lebih lama. Dampak paling buruk adalah demam tifoid atau tifus. Jika tak segera ditangani, bisa-bisa menyebabkan kematian.

Sebenarnya infeksi bakteri Salmonella bisa diatasi dengan pemberian vaksin terhadap ayamnya agar telurnya kemudian bisa aman. Namun karena kondisinya sebagai pembeli, kita seringkali nggak tau apa-apa apakah telur yang dibeli itu hasil dari ayam yang sudah divaksin atau belum.

 

Beri Komentar