Makanan Penyebab Kanker Usus dan Gejala Penyakitnya, Sudahkah Kamu Waspadai?

Health | Minggu, 16 Agustus 2020 13:42

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Penyebab kanker usus ternyata bisa berasalh dari pola makan yang biasa kita lakukan. Widih!

Penyebab kanker usus yakni ketika DNA dalam sel usus besar atau rektum mengalami mutasi yang membuat mereka nggak bisa mengontrol pertumbuhan dan pembelahan sel. Dalam banyak kasus, sel-sel yang bermutasi ini akan mati dan diserang oleh sistem kekebalan tubuh. Tapi, ada beberapa sel yang bermutasi bisa lolos dari kekebalan tubuh, lalu tumbuh di luar kendali.

Sel-sel inilah yang pada akhirnya jadi penyebab kanker.

Nah, apa yang bikin DNa ini jadi bermutasi, masih belum sepenuhnya dimengerti. Tapi ada faktor risiko tertetu yang sangat terkait sebagai penyebab kankr usu, termasuk diantaranya pola makan, merokok, penggunaan alkohol, dan lainnya. Lebih lanjut, simak ulasan Diadona berikut, yuk!

Makanan Penyebab Kanker Usus dan Gejala Penyakitnya, Sudahkah Kamu Waspadai?
2 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Kanker Usus

Penyebab Kanker UsusPenyebab Kanker Usus © 2020 shutterstock.com/mi_viri

Pola makan tinggi daging merah dan makanan olahan disebut sebagai salah satu faktor risiko penyebab kanker usus. Selain itu, proses pengolahan makanan juga penting. Misalnya menggoreng, membakar atau memanggang daging dengan suhu yang sangat tinggi akan menciptakan suatu bahan kimia yangbisa meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Daging Merah

Para ilmuwan sudah menyetujui kalau pola makan daging merah yang teratur, misalnya daging sapi, babi dan domba adalah salah satu hal yang sangat mungkin berkontribusi jadi penyebab kanker usus. Tapi nggak diketahui kenapa ini bisa terjadi. Kemungkinan sih ini karena daging itu sendiri atau zat penyebab kanker usus yan terbentuk selama proses pengolahan.

Daging Olahan

Yakni daging yang asapi, diawetkan, atau diasinkan atau mungkin diawetkan dengan bahan kimia tambahan.

Alkohol

Kalau satu gelas sesekali sih kayaknya nggak akan berpengaruh banyak pada penyebab kanker usus sih. Tapi kalau kamu seorang peminum yang berat, coba bicarakan dengan dokter tentang kemungkinan penyakit ini.

Selain makanan penyebab kanker, usus ada baiknya kamu juga perhatikan makanan apa saja yang baik untuk mencegah terjadinya kanekr ini, antara lain:

Susu

Penelitian membuktikan kalau produk tingi kalsium mengurangi kemungkinan pertumbuhan kanker usus besar dan kanker kolorektal. Sumplemen kalsium juga bagus kok.

Biji-Bijian utuh

Merupakan sumber nutrisi dan sumber magnesium dan serat yang baik. Biji-bijian ini membuat feses terus bergerak sepanjang jalan usus dan bisa menangkap senyawa penyebab kanker usus di dinding usus besar kamu.

Kamu bisa konsumsi paling tidak 90 gram biji-bijian setiap hari, seperti oatmeal, roti gandum atau nasi merah.

Kacang

Produk pangan ini punya senyawa falvonoid yang flavonoid, yang dapat mencegah pertumbuhan tumor, serta antioksidan tertentu yang dapat membantu melindungi dari kanker usus besar.Yang utama sih, biji-bijian ini punya kandungan serat, protein juga vitamin B dan E.

Sayuran dan Buah Berwarna

Karena kandungan zat fitokimia dalam buah dan sayuran tersebut yang bisa menghalangi pertumbuhan sel kanker serta melwan peradangan yang memicu kanker. Yang terbaik sih, jangan lupakan brokoli, kubis dan buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk untuk kebaikan ususmu.

Ikan

Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang bagus bante untuk kesehatan jantung serta bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

3 dari 4 halaman

Penyebab Kanker Usus Besar

Penyebab Kanker UsusPenyebab Kanker Usus © 2020 unsplash.com/NCI

Mengutip Healthline, peneliti masih melakukan kajian mengenai penyebab kanker usus ini. Meski begitu daftar risiko terkena kanker ini terus bertambah. Dan faktor-faktor tersbeut bisa bertindak sendiri atau dalam kombinasi untuk meningkatkan potensi seseorang terkena kanker usus ini.

Apa saja?

Pertumbuhan Prakanker

Bermula dari sel abnormal yang menumpuk di laposan usus besar dan kemudian memebntuk polip. Awalnya ini adalah pertumbuhan yang kecil dan jinak. Tapi kalau tak diobati, polip ini bisa jadi penyebab kanker usus.

Mutasi Gen

Terkadang kanker usus ini terjadi pada keluarga karena mutasi gen yang dituunkan dari orang tua ke anak. Tapi ingat ya, mutasi gen yang diturunkan ini ngak menjadi jadi penyebab kanekr usus, hanya akan meningkatkan peluang terjadinya kanker.

Selain itu, masih ada banyak faktor risiko seseorang terkena kanker usus ini.

Faktor risiko penyebab kanker usus yang tak bisa dicegah:

  • Riwayat polip usus besar
  • Riwayat penyakit usus
  • Riwayat kanker dari keluarga
  • Sindrom genetik, seperti poliposis adenomatosa familial

Tampak seperti nggak bisa dicegah, ya? Tapi ada juga kok faktor risiko penyebab kanker usus ini yang terkait dengan pola hidup yang bisa kita cegah. Diantaranya:

  • Kelebihan berat badan
  • Merokok
  • Diabetes tipe 2
  • Kurang aktivitas
  • Konsumsi makanan tinggi olahan atau daging merah
4 dari 4 halaman

Penyebab Kanker Usus dan Gejalanya

Penyebab Kanker UsusPenyebab Kanker Usus © 2020 shutterstock.com/Motortion Films

Kanker usus ini mungkin nggak menunjukkan gejala apapun, terutama di stasium awal penyakit. Kalaupun muncul di tahap stadium 1, kemungkinan berupa:

  • Sembelit
  • Diare
  • Perubahan warna feses
  • Perubahan bentuk tinja
  • Darah saat BAB
  • Pendarahan dari rektum
  • Gas yang berlebihan
  • Kram perut
  • Sakit perut

Gejala kanker usus lebih terlihat saat sudah berjalan ke stasium 3 atau 4 dengan gejala berupa:

  • Capek berlebihan
  • Bengkak di tangan atau kaki
  • Sulit bernapas
  • Sakit kepala kronis
  • Penglihatan kabur
  • Patah tulang

Penyebab kanker usus secara khussu emang belum diketahui. Tapi gaya hidup sehat penting banget untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, kan?

Join Diadona.id