Malas Hapus Make Up Sebelum Tidur, Siap-siap dengan 5 Masalah Kulit Berikut

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 24 Februari 2021 20:40
Malas Hapus Make Up Sebelum Tidur, Siap-siap dengan 5 Masalah Kulit Berikut
Jangan kebawa males, simak dulu konsekuensi dari tidur pakai make up berikut.

Make up bagi sebagian besar perempuan sudah jadi hobi sekaligus kebutuhan. Proses rias-merias wajah memang bisa menimbulkan kesenangan dan meningkatkan percaya diri.

Namun, perasaan senang yang muncul saat mulai merias wajah bisa jadi berbanding terbalik ketika memasuki kewajiban untuk membersihkannya. Sesi hapus make up kadang jadi tahapan yang berat untuk dikerjakan.

Meski begitu, rupanya rasa malasa menghapus make up harus lekas-lekas dilawan. Saat kita nekat tidur dengan kondisi wajah bermake up, maka beberapa masalah kulit akan muncul sebagai konsekuensinya.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut ini adalah empat masalah kulit yang akan muncul kalau kita malas menghapus make up sebelum tidur.

1 dari 6 halaman

1. Menyumbat Pori-pori

Ilustrasi menghapus make up © Diadona

Make up adalah lapisan yang diaplikasikan ke wajah. Setipis apapun riasan disapukan pada kulit, pori-pori wajah akan tetap tertutupi.

Make up yang tidak dibersihkan sebelum tidur bisa jadi terserap bersamaan dengan produksi minyak di kulit wajah. Kondisi ini akan membuat kotoran dan debu yang menempel pada lapisan make up ikut masuk dan kemudian menyumbat pori-pori. Hasilnya bisa menimbulkan jerawat serta efek kusam pada wajah.

2 dari 6 halaman

2. Iritasi

Rata-rata produk make up memiliki kandungan bahan kimia, baik yang ringan maupun berat. Seringan apapun, yang namanya kandungan kimia tetaplah akan membawa efek samping.

Sama seperti kejadian di poin sebelumnya, make up bisa jadi terserap ke dalam kulit bersamaan dengan berbagai kotoran dan debu. Tak hanya itu, kandungan kimianya pun turut masuk ke dalam kulit sehingga berpotensi menimbulkan peradangan dan iritasi.

3 dari 6 halaman

3. Peremajaan Kulit Terhambat

Proses peremajaan atau regenrasi kulit biasanya terjadi pada malam hari. Saat kita tidur merupakan waktu di mana kulit akan memperbarui sel-selnya.

Wajah yang masih terkena make up akan mengganggu proses alamiah ini. Akibatnya, kulit wajah akan rentan mengalami kerusakan, misal menjadi lebih mudah kering dan keriput.

4 dari 6 halaman

4. Infeksi pada Mata

Ilustrasi menghapus make up © Diadona

Area mata jadi salah satu yang paling krusial saat mengaplikasikan make up. Riasan mata memang bisa menjadi daya tarik tersendiri apabila dirias sedemikian rupa.

Meski begitu, mata tetaplah organ vital yang rentan terganggu jika terkontaminasi benda asing. Butiran-butiran make up seperti eyeshadow atau maskara bisa saja menyumbat lubang air mata, masuk ke dalam, dan menimbulkan infeksi.

5 dari 6 halaman

5. Kesehatan Bibir Terganggu

Selain mata, bibir juga jadi bagian yang kerap mendapatkan sentuhan riasan lebih. Lipstick dan liptint jadi pemulas bibir yang membuatnya lebih menonjol. Belum lagi teknik ombre yang membuat bibir tersapu riasan lebih dari satu lapisan.

Apabila kita membiarkan lapisan riasan tersebut saat tidur, kesehatan bibir bisa jadi akan terganggu. Ada kandungan di dalam lipstik bisa mempercepat pigmentasi sehingga bibir akan menjadi kering, mudah mengelupas, kemudian menghitam.

Beri Komentar